Balikpapan Minta Tambah Kuota Penyaluran Elpiji 3 Kg

Pemerintah Kota Balikpapan mengusulkan kuota penyaluran elpiji kemasan 3 kilogram sebayak 4,897 juta tabung untuk tahun ini atau naik sebesar 8,5% dibandingkan dengan realisasi penyaluran tahun lalu yang mencapai 4,512 juta tabung.
Rachmad Subiyanto | 02 Maret 2014 16:56 WIB
Gas elpiji 3 kg - Bisnis.com

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan mengusulkan kuota penyaluran elpiji kemasan 3 kilogram sebayak 4,897 juta tabung untuk tahun ini atau naik sebesar 8,5% dibandingkan dengan realisasi penyaluran tahun lalu yang mencapai 4,512 juta tabung. 

Asisten Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakot Balikpapan Srii Soetantinah usulan ini berdasarkan hasil pemantauan peningkatan kebutuhan yang dilakukan oleh pemerintah daerah. Menurutnya, permintaan usulan dari daerah ini cukup baik mengingat kebutuhan gas elpiji kemasan 3 kilogram sudah meluas oleh masyarakat.

“Mekanisme semacam ini sudah baik dengan melibatkan pemda untuk mengajukan usulan kuota elpiji kemasan 3 kilogram,” ujarnya kepada Bisnis, Minggu (2/3/2014). 

Soetantinah menambahkan usulan tersebut tak hanya diajukan oleh Balikpapan melainkan juga dengan seluruh daerah yang ada di Indonesia. Sebuah langkah maju, menurutnya, untuk menghindari terjadinya kekurangan pasokan karena kuota yang diberikan kurang bisa mencukupi kebutuhan di daerah.

Karena itu, Pemkot Balikpapan pun berupaya agar kuota yang diusulkan tersebut bisa sesuai dengan kebutuhan dan bisa direalisasikan oleh pemerintah pusat. “Karena program konversi gas ke elpiji ini sudah berjalan dengan baik dan perlu terus didukung bersama,” katanya. 

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Balikpapan Doortje Marpaung menambahkan dengan adanya usulan ini diharapkan elpiji kemasan 3 kilogram bisa mencukupi kebutuhan di daerah. Tentunya, kebutuhan penyaluran harus sesuai dengan yang bisa menerima barang yang disubsidi oleh pemerintah itu. 

“Akan ada pengawasan agar bisa tepat sasaran sehingga kuotanya bisa tetap sama,” tukasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
elpiji 3 kg

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top