Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Minta Bantuan NATO, Ukraina Bersiap Hadapi Invasi Rusia

Pemerintah interim Ukraina mempersiapkan mobilisasi tentara, setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mendeklarasikan bahwa Moskwa memiliki hak untuk menginvasi Ukraina.

Bisnis.com, KIEV--Pemerintah interim Ukraina mempersiapkan mobilisasi tentara, setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mendeklarasikan bahwa Moskwa memiliki hak untuk menginvasi Ukraina. 

"Itu bukan ancaman. Pernyataan Putin adalah deklarasi perang terhadap negara kami," ujar Perdana Menteri Ukraina Arseny Yatseniuk dalam Bahasa Inggris sembari meminta bantuan kepada NATO, seperti dikutip Reuters, Minggu (2/3/2014). 

Apabila NATO sepakat untuk membantu Ukraina, rentetan tindakan ini menimbulkan potensi konfrontasi antara Moskwa melawan negara-negara Barat. 

Putin sendiri baru saja mendapat izin dari parlemen untuk menggunakan militer demi melindungi warga Rusia di Ukraina, yang sekaligus mengabaikan permintaan negara-negara Barat untuk tak ikut campur. 

Dewan Keamanan Dalam Negeri Ukraina sendiri telah memberi perintah para jendral untuk memerintahkan semua pasukan bersiaga, setelah beberapa insiden penahanan tentara Ukraina di Provinsi Crimea. 
  
"Jika Putin ingin menjadi presiden yang menabuh genderang perang antar dua tetangga dan negara sahabat, antara Ukraina dan Rusia, dia akan mendapat keinginannya dalam beberapa inci lagi. Kami akan menghadapi bencana," tambah Yatseniuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arys Aditya
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper