Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengangguran Negara Anggota OECD turun 0,1% pada Desember 2013

Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) mencatat penurunan tingkat pengangguran sebanyak 0,1% menjadi 7,6% pada Desember di antara 30 negara yang yang tergabung dalam organisasi ini.

Bisnis.com, JAKARTA — Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) mencatat penurunan tingkat pengangguran sebanyak 0,1% menjadi 7,6% pada Desember di antara 30 negara yang yang tergabung dalam organisasi ini.

Tercatat 46,2 juta jiwa pengangguran yang negaranya tergabung dalam OECD pada Desember 2013, angka ini lebih banyak 11,5 juta jiwa jika dibandingkan dengan pencari kerja pada Juli 2008.

Menurut data yang dipublikasikan pada Selasa (11/2), tingkat pengangguran kawasan euro tercatat stabil di angka 12% pada Desember. Penurunan pengangguran terbesar bagi negara-negara dikawasan euro terjadi di Spanyol dengan 0,3% menjadi 25,8%, Irladia turun 0,2% menjadi 12,1% dan Republik Slovakia dengan pengurangan pengangguran sebanyak 0,2% atau menjadi 13,8%.

Penurunan tingkat pengangguran yang relatif lebih sedikit juga dicapai oleh Italia dengan penurunan 0,1% menjadi 12,7%. Sementara itu jumlah pengangguran di Perancis dan Jerman tercatat stabil dengan masing-masing pengangguran sebanyak 10,8% dan 5,1%.

Sementara itu, penurunan tingkat pengangguran sebesar 0,3% pada Desember juga dialami oleh negara-negara OECD lainnya seperti Jepang yang menyisakan pengangguran 3,7% di negaranya, Amerika Serikat yang tingkat penganggurannya tersisa 6,7%.

Namun begitu, tidak semua negara-negara yang tergabung dalam OECD mengalami perbaikan tingkat pengangguran. Jumlah pengangguran Kanada melonjak 0,3% hingga menjadi 7,2%, Israel naik 0,2% menjadi 5,8% dan Meksiko meningkat 0,2% menjadi 4,8%.

Data OECD terbaru mencatat Amerika Serikat mengalami penurunan tingkat pengangguran tercepat dengan 0,1% tiap bulannya pada Januari hingga menyisakan 6,6%, dan Kanada turun 0,2% menjadi 7%.

Pada Desember 2013, tingkat pengangguran penduduk laki-laki di wilayah OECD mengalami penurunan sebesar 0,2% menjadi 7,5%, sementara itu penurunan pengangguran pada perempuan tercatat stabil di 7,8%.

Tingkat pengangguran untuk kualifikasi angkatan muda yang menurut bank dunia adalah penduduk dengan usia 15-24, tercatat turun 0,1% menjadi 15,5% pada Desember atau 1% lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya.

Namun begitu, OECD juga mencatat tingkat pengangguran angkatan muda yang masih sangat tinggi di beberapa negara kawasan euro, khususnya seperti Yunani dengan tingkat pengangguran angkatan muda mencapai 59,2% pada Oktober lalu, Spanyol 54,3%, Italia 41,6%, Portugal 36,3% dan Republik Slovakia sebanyak 32,6%.

Untuk diketahui OECD adalah Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi, merupakan sebuah organisasi internasional dengan tiga puluh negara yang memiliki prinsip demokrasi perwakilan dan ekonomi pasar bebas.

Indonesia bersama dengan empat negara lainnya yakni Brazil, China, India dan Afrika Selatan saat ini masih menjadi calon anggota negara yang tergabung dalam OECD.

Sementara itu kerangka kerja OECD meliputi beberapa sektor a.l ekonomi, pembangunan, pemerintahan, kelestarian lingkungan hidup, kemasyarakatan, keuangan dan pembaharuan Iptek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper