Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DPR: Pemilu Serentak Bisa Dilaksanakan Pada 2019

Pelaksanaan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif secara serentak belum memungkinkan dilaksanakan tahun ini karena keterbatasan waktu untuk menyiapkan sarana dan prasarananya.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 16 Januari 2014  |  17:20 WIB
DPR: Pemilu Serentak Bisa Dilaksanakan Pada 2019
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Pelaksanaan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif secara serentak belum memungkinkan dilaksanakan pada tahun ini karena keterbatasan waktu untuk menyiapkan sarana dan prasarananya.

Menurut Ketua Komisi II DPR, Agun Gunandjar kemungkinan besar pemilu serentak tersebut baru bisa dilaksanakan pada 2019. Agun optimistis langkah itu bisa dilaksanakan karena secara kedaerahan sudah dimulai dengan adanya pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak.

"Saya optimistis Pileg dan Pilpres serentak bisa dilaksanakan tahun 2019 karena sduah dimulai dengan Pilkada serentak,” ujarnya di Komplakes Parlemen, Kamis
(16/1/2014).

Sebelumnya mantan Menkum dan HAM mengajukan gugatan uji materi UU No 42 tahun 2008 tentang pemilihan umum presiden dan wakil presiden secara serentak. Yusril beralasan berdasarkan konstitusi pemilu hanya dilaksanakan sekali dalam lima tahun.

Selain menuntut dilakukannya pilpres dan pileg serentak, Yusril juga meminta dihilangkannya persyaratan ambang batas menjadi seorang presiden (presidential threshold) sehingga semua parpol peserta pemilu bisa mengajukan capres-cawapresnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemilu pilkada
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top