Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aturan Pinjaman Tak Sama, ECB Khawatir Kredibilitas Bank Rusak

Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB) khawatir perbedaan klasifikasi bad-debt di setiap negara zona euro dapat menggagalkam proses pemeriksaan kesehatan bank di kawasan Eropa.

Bisnis.com, MILAN—Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB) khawatir perbedaan klasifikasi bad-debt pada setiap negara zona euro dapat menggagalkam proses pemeriksaan kesehatan bank di kawasan Eropa.

Pelaksanaan klasifikasi kategori utang buruk di Eropa menunjukkan perbedaan mendasar atas materi yang digunakan, dan hal tersebut sangat mempengaruhi konsistensi dan kredibilitas pengujian.

“Definisi yang lebih ambisius akan menjadi konsisten dengan menyampaikan hal tersebut kepada pengamat eksternal bahwa Association for Qualitative Research (AQR) adalah pemeriksaan yang dilakukan secara menyeluruh,” menurut sebuah dokumen yang dirilis oleh ECB, Selasa (14/1/2014)..

AQR yang mengacu pada tahap tinjauan kualitas aset dalam pengujian yang komprehensif  diarahkan kepada proses stress test yang dijalankan bekerja sama dengan Otoritas Perbankan Eropa (European Banking Authority/EBA) sebelum Oktober 2014.

Dokumen ECB mengatakan, mungkin tidak semua negara dapat memenuhi definisi sederhana atas kredit bermasalah yang telah ditetapkan pada Oktober tahun lalu oleh EBA di London.

Bank sentral Eropa memberi isyarat akan menyederhanakan definisi buatan EBA sebagai standar minimum, dan jika memungkinkan akan menaikan tingkat ketelitian pada pinjaman yang dilakukan oleh Bank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :
Sumber : Bloomberg

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper