Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Membangun Karakter Cinta Lingkungan Hidup Lewat Pendidikan

Usia sekolah dasar merupakan masa yang penting dalam hidup seseorang, karena pada umur tersebut karakter dan kebiasaan baik masih mudah diajarkan dan dibiasakan.

Bisnis.com, DEPOK-- Usia sekolah dasar merupakan masa yang penting dalam hidup seseorang, karena pada umur tersebut karakter dan kebiasaan baik masih mudah diajarkan dan dibiasakan.

Pendidikan yang baik dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian. Kemampuan anak-anak pun terbentuk untuk terus belajar, serta melihat kesempatan dan kemungkinan lain, yang bisa dikembangkan dalam kehidupannya. 

Untuk memperoleh pendidikan yang baik dengan ditunjang oleh fasilitas yang memadai, merupakan hak dasar bagi setiap anak. 

Menyadari hal itu, AsiaWorks Leadership Program 117 (AWLP 117) memberikan pendidikan pelestarian lingkungan hidup kepada 245 siswa, dan 10 orang guru MI Tarbiyatul Fallah, Yayasan Pendidikan Islam An-Nur, yang berlokasi di kawasan Depok.

Dari pendidikan ini para siswa dan guru juga diajarkan keterampilan, membuat kerajinan yang memberikan nilai tambah. 

"Pelatihan ini sekaligus mengajarkan kesadaran pelestarian lingkungan melalui pemanfaatan sampah, diajarkan pula bagaimana menjaga lingkungan dan memilih jajanan sehat," kata Andik, tim dari AWLP 117, Minggu (12/1/14), di sela-sela kegiatan bakti sosial WOWDay di MI Tarbiyatul Falah.

WOWDay AWLP 117 tersebut  bertema Hijau Sekolahku, Bermanfaat Sampahku, Sejahtera Hidupku.

Dalam kegiatan itu antara lain memperbaiki toilet sekolah, bangku, meja, ruangan kelas, dan membuat perpustakaan, bagi sekolah yang tidak memungut biaya apapun kepada para siswanya ini. 

Selain itu, agar lebih mengena, diisi pula dengan pemeriksaan kesehatan gratis untuk warga RT/RW 01/03 Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, Depok.

"Dipilihnya siswa Madrasah Ibtidaiyah, karena usia sekolah dasar masa yang paling penting dalam hidupnya. Pada usia inilah karakter dan kebiasaan baik masih mudah diajarkan," tambah Dessy, juga dari AWLP 117.  

AsiaWorks Leadership Program 117 sendiri terdiri dari 19 orang, yang berbeda suku, ras, dan agama, yang memiliki visi sama. Yaitu menjadi berkat untuk semua, demi menciptakan kemandirian dan kesejahteraan. 

Nur Ali, Ketua Yayasan Pendidikan Islam An-Nur, menuturkan dengan pelatihan ini, diharapkan semakin tumbuh kesadaran para siswa menjaga lingkungan. Utamanya untuk tidak membuang sampah sembarangan. 

"Anak-anak juga dapat memanfaatkan sampah menjadi kreasi bernilai tambah. Misalnya dengan membuat tas dari bahan daur ulang bungkus deterjen, memo dari kertas undangan bekas, dan lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper