Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bangun Infrastruktur, Sulut Siapkan Kerja Sama Pemerintah-Swasta

Pemprov Sulawesi Utara menyiapkan skema kerja sama pemerintah-swasta untuk pembangunan jalan tol Manado-Bitung, Pelabuhan Internasional Bitung, dan KEK Bitung.

Bisnis.com, MANADO--Pemprov Sulawesi Utara menyiapkan skema KPS pemerintah-swasta untuk pembangunan jalan tol Manado-Bitung, Pelabuhan Internasional Bitung, dan KEK Bitung.

Skema itu bertujuan menarik lebih banyak investor untuk berivestasi dalam pembangunan infrastruktur di Sulut. 

CEO Managenent Board Integrated Economic Development Zone Manado Bitung Noldy Tuerah mengatakan untuk pembangunan jalan tol, pemerintah akan mengambil bagian 40% dari total 39 km atau sekitar 13,5 km dengan nilai investasi dari pemerintah sebesar Rp1,1 triliun.

“Kita lakukan KPS itu untuk jalan tol Manado-Bitung. Swasta akan menanggung sisanya yakni sekitar Rp3,1 triliun dari total investasi senilai Rp4,2 triliun,” ujarnya kepada Bisnis di Manado, Rabu (8/1/2014). 

Noldy mengatakan tender jalan tol yang menghubungkan Kota Manado dan Bitung itu akan dilakukan oleh BPJT sesuai dengan mekanisme yang ada.

Pemerintah mendukung dengan menyediakan viability gab funding (VGF) guna meningkatkan kelayakan jalan tol tersebut. Adapun pemenang tender akan menerima dana VGF itu setelah melakukan 20% pembangunan fisik.

Dia mengatakan konsep jalan tol Manado-Bitung nantinya mirip dengan jalan tol Nusa Dua- Tanjung Benoa karena akan menghubungkan Bandara Internasional Sam Ratulangi dengan Pelabuhan Internasional Bitung. 

Sejauh ini, pihaknya telah berkomunikasi dengan beberapa BUMN yang sudah berpengalaman dalam bisnis jalan tol dan pelabuhan. Beberapa BUMN itu telah menyatakan minat dan diharapkan dapat menarik mitranya untuk ikut berinvestasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper