Wah, e-Pemilu Ternyata Sudah Dipakai untuk Pilkades

Meski tidak bisa diterapkan pada pemilukada dan pemilu nasional, BPPT menyatakan telah mengimplementasikan e-pemilu di 12 desa di tiga Kabupaten, yaitu Boyolali (Jawa Tengah), Musi Rawas (Sumatra Selatan), dan Jembrana (Bali).
Rezza Aji Pratama
Rezza Aji Pratama - Bisnis.com 02 Januari 2014  |  19:54 WIB
Wah, e-Pemilu Ternyata Sudah Dipakai untuk Pilkades
e-Pemilu dipakai untuk Pemilihan Kepala Desa - jibi

Bisnis.com, JAKARTA - Meski tidak bisa diterapkan pada pemilukada dan pemilu nasional, BPPT menyatakan telah mengimplementasikan e-pemilu di 12 desa di tiga Kabupaten, yaitu Boyolali (Jawa Tengah), Musi Rawas (Sumatra Selatan), dan Jembrana (Bali).

“Pelaksanaan e-pemilu di tingkat desa ini membuktikan pendapat bahwa masyarakat Indonesia gagap teknologi tidak terbukti.

Salah satu komponen e-pemilu yang didorong BPPT adalah e-rekapitulasi yang menekankan pemanfaatan teknologi informasi pada proses pengiriman data dari tempat pemungutan suara (TPS), penayangan hasil, hingga memungkinkan jejak audit.

Proses ini, menurut Andrari, tidak membutuhkan teknologi tinggi dan bisa dipelajari dengn mudah.

Direktur Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi BPPT Hammam Riza mengatakan penerapan e-pemilu merupakan bagian dari upaya pemanfaatan TI dalam aktivitas pelayanan publik oleh pemerintah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pemilu, bppt, teknologi informasi, pilkades

Editor : Fatkhul-nonaktif
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top