Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI: Pembelian Obligasi Masih ada Pasca Tapering Off

Bank Indonesia memperkirakan masih akan ada pembelian surat berharga pasca diberlakukannya program pengurangan bertahap (tapering off) stimulus moneter oleh Bank Sentral AS atau The Fed.

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia memperkirakan masih akan ada pembelian surat berharga pasca diberlakukannya program pengurangan bertahap (tapering off) stimulus moneter oleh Bank Sentral AS atau The Fed.

Gubernur Bank Indonesia Agus M. Martowardojo menuturkan program tapering off oleh The Fed sudah diperhitungkan dengan baik.

"Tapering itu hanya US$10 miliar. Ini masih akan ada pembelian surat berharga kita," ujarnya di Kantor Presiden hari ini, Kamis (19/12/2013).

Di sisi lain, lanjutnya, suku bunga di AS juga masih akan tetap dijaga di level relatif rendah antara 0%-0,25%. Angka tersebut diproyeksikan tidak akan meningkat jika tidak ada indikator tertentu yang tidak tercapai seperti tingkat pengangguran dan inflasi.

"Jadi kami lihat tapering itu dampaknya ke dunia memang positif karena sudah diperhitungkan sebagai antisipasi," katanya.

Agus melanjutkan bahwa pelemahan nilai tukar rupiah pada akhir tahun wajar karena pada periode tersebut terjadi pembelian valas cukup tinggi. Jika kebutuhan akhir tahun sudah dilewati, ujarnya, nilai tukar akan normal kembali.

"Tetapi pemerintah tetap harus perbaiki ekonomi di Indonesia. Kami harus perhatikan transaksi berjalan yang masih defisit. Kami juga harus melakukan upaya reformasi perbaikan," katanya.

Sementara itu, Agus mewanti-wanti pemerintah perlu waspada terhadap perbaikan ekonomi di sejumlah negara maju. Pasalnya, lanjutnya, hal itu dapat berdampak pada peningkatan suku bunga.

"Kalau luar negeri, yang mesti kita hati-hati adalah upaya perbaikan ekonomi di negara maju, khususnya AS sudah berjalan. Itu bisa seperti kejadian 2004-2005 di mana tingkat bunga terus meningkat. Dan itu ada dampaknya pada dunia."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggi Oktarinda
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper