Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perhutani ajak Remaja Cintai Hutan Lewat Sastra Hijau

Perhutani mengajak remaja Surakarta dan sekitarnya untuk mencintai hutan dan lingkungan melalui gerakan budaya menulis cerita pendek bergenre sastra hijau.
/rayakultura.net
/rayakultura.net

Bisnis.com, JAKARTA - Perhutani mengajak remaja Surakarta dan sekitarnya untuk mencintai hutan dan lingkungan melalui gerakan budaya menulis cerita pendek bergenre sastra hijau.

Dalam siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Jumat, acara "Menulis Sastra Hijau Bersama Perhutani" yang berlangsung di Gedung Perhutani Kleco, Surakarta merupakan acara ketiga rangkaian road show Perhutani Green Pen Award di Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, dan Jawa Barat.

Kepala Biro Humas Protokoler Perhutani Pusat, Susetiyaningsih dalam sambutannya menyampaikan bahwa Perhutani Green Pen Award yang berupa lomba menulis cerpen tentang hutan dan lingkungan ini baru pertama kali diadakan oleh Perhutani, sebagai bentuk dukungan korporat untuk menanamkan rasa cinta dan merawat hutan lingkungan melalui budaya menulis sastra.

"Selepas ulangan atau ujian sekolah, di sela waktu libur anak-anak bisa mulai mengisi liburan dengan menulis sastra dan mengirim ke panitia lomba. Pemenang akan diumumkan bulan Maret 2014 menjelang ulang tahun perusahaan," kata Susetiyaningsih.

Acara yang dipandu oleh novelis sekaligus sastrawan Naning Pranoto ini mendapat sambutan meriah dari generasi muda Surakarta. Sebanyak 256 orang peserta yang hadir berasal dari perwakilan SLTP, SLTA, mahasiswa, guru bahasa Indonesia dan penggiat seni di Surakarta dan sekitarnya.

Selain memberikan manfaat dan menginspirasi generasi muda untuk lebih mencintai hutan, bumi dan alam, lomba diharapkan mampu memasyarakatkan budaya menulis di kalangan generasi muda, mengasah kecerdasan emosi, intelektual dan pengembangan karakter serta mengajak orangtua, guru dan pengajar membiasakan putra-putrinya menulis agar mampu menjalani proses belajar secara terpadu dan optimal.

Pada kesempatan tersebut, Perhutani menyerahkan secara simbolis buku Menulis Sastra Hijau Bersama Perhutani kepada perwakilan SMAN 4 Surakarta, Universitas Muhammadiyah Solo, Sakawanabhakti Kwarcab Solo dan sastrawan Solo.

Buku terbitan Perhutani yang ditulis oleh Naning Pranoto, Soesi Sastro dan Sides Sudyarto DS tersebut diharapkan menginspirasi pembaca untuk mulai berani menuliskan karyanya dengan bahasa sastra yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul-nonaktif
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper