Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pilgub Riau: KPU Hitung Suara Jumat (6/12/2013)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau siap menggelar rapat pleno penghitungan suara hasil pemilihan gubernur Riau putaran kedua pada Jumat besok (6/12/2013).
Vega Aulia Pradipta
Vega Aulia Pradipta - Bisnis.com 05 Desember 2013  |  16:01 WIB

Bisnis.com, PEKANBARU—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau siap menggelar rapat pleno penghitungan suara hasil pemilihan gubernur Riau putaran kedua pada Jumat besok (6/12/2013).
 
Seperti dikutip dari website resmi Pemprov Riau, Kamis (5/12/2013), sebelumnya penghitungan suara rencananya akan digelar pada Rabu, 4 Desember lalu.
 
Rapat pleno diundur karena pada 4 Desember, komisioner KPU Riau harus menghadiri rapat penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Legislatif 2014 di Jakarta.

Meski demikian, Ketua KPU Riau Tengku Edy Sabli mengatakan untuk rekapitulasi suara di KPU kabupaten/kota tetap berjalan sesuai jadwal yakni 30 November hingga 2 Desember.

Edy Sabli menambahkan, ia mengakui bahwa tingkat partisipasi pemilih pada pilgub putaran kedua (27 November) mengalami penurunan jika dibandingkan dengan pilgub putaran pertama pada 4 September lalu.

Pada putaran pertama, tingkat partisipasi pemilih mencapai 61,3%, sedangkan pada putaran kedua, turun lagi menjadi hanya 53,7%.
 
Ia mengaku tidak tahu pasti apa penyebab rendahnya partisipasi pemilih ini. Padahal, KPU Riau sudah gencar-gencaran melakukan sosialisasi agar tingkat partisipasi masyarakat bisa meningkat.
 
“Tentunya kondisi seperti ini sangat kita sayangkan, karena masyarakat banyak tidak mau menggunakan hak demokrasinya,” ujarnya seperti dikutip, Kamis (5/12/2013).
 
Menurutnya, kondisi ini sebenarnya memang sudah merupakan gejala nasional, bukan hanya terjadi di Riau saja. Selama ini banyak di daerah lain juga terjadi penurunan partisipasi pemilih pada pemilihan kepala daerah putaran kedua.
 
Sebelumnya, Pejabat Gubernur Riau Djohermansyah Djohan mengatakan memang ada kecenderungan partisipasi pemilih pada putaran kedua akan lebih rendah dibandingkan dengan putaran pertama.
 
Apalagi, pemerintah meliburkan hari saat pemungutan suara itu (27 November). Menurut Djohermansyah, hal ini mencuat sebagai fenomena perkotaan.
 
Saat pemerintah meliburkan hari pada waktu pemungutan suara, warga kota cenderung malah pergi berlibur dan bukannya menggunakan hak suaranya.
 
Adapun pada pemilihan Gubernur Riau putaran kedua ini hanya menyisakan dua pasang calon, yakni pasangan nomor urut 1 Herman Abdullah dan Agus Widayat (partai gabungan parlemen dan nonparlemen), dan nomor urut 2 Anas Maamun dan Arsyadjuliandi Rahman (Partai Golkar).   (ra)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pilgub riau kpu riau
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top