Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AS Kirim Kapal Induk Bantu Korban Topan Haiyan di Filipina

Menteri Pertahanan Amerija Serikat Chuck Hagel memerintahkan kapal induk USS George Washington dan kapal-kapal lainnya menuju ke Filipina yang dilanda topan dahsyat Haiyan.

Bisnis.com, WASHINGTON - Menteri Pertahanan Amerija Serikat Chuck Hagel memerintahkan kapal induk USS George Washington dan kapal-kapal lainnya menuju ke Filipina yang dilanda topan dahsyat Haiyan.

Kapal induk, yang memiliki lebih dari 5.000 pelaut dan 80 pesawat itu, saat ini berada di Hong Kong untuk kunjungan pelabuhan. Para awak kapal ditarik dini dari cuti darat dan kapal diperkirakan bertolak malam ini, kata Pentagon dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Antara, Selasa(12/11/2013).

Sementara itu Rusia akan mengirimkan tim penyelamat terdiri 200 orang ke Filipina yang dilanda topan dahsyat jika permintaan formal dibuat, kata juru bicara Kementerian Situasi Darurat pada Minggu.

Enam pesawat, termasuk empat pesawat angkut berat Il-76, sedang dipersiapkan untuk terbang ke Filipina. Enam tim anjing pelajak bisa juga dikerahkan untuk membantu operasi pencarian di reruntuhan-reruntuhan bangunan, kata juru bicara itu.

Menurut Kementerian Luar Negeri Rusia dan badan untuk pariwisata, hingga 150 warga Rusia mungkin telah dipengaruhi oleh angin topan itu, yang diyakini telah menewaskan sedikitnya 10.000 orang, terparah di kawasan Pulau Leyte.

Topan Haiyan, salah satu topan terkuat dalam catatan sejarah, menyapu Filipina pada Jumat, menghancurkan kota-kota kecil dan besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor :
Sumber : Antara/AFP/RIA Novosti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper