Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Imbau Media Sosialisasi Perubahan Iklim

Pemerintah mengharapkan keikutsertaan media dalam menyosialisasikan isu perubahan iklim ke masyarakat melalui karya jurnalistik. Media massa memiliki kemampuan yang cukup besar dalam mengajak masyarakat untuk peduli terhadap dampak perubahan iklim.nn

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah mengharapkan keikutsertaan media dalam menyosialisasikan isu perubahan iklim ke masyarakat melalui karya jurnalistik.

Wakil Menteri Bappenas Lukita Dinarsyah Tuwo, pada Jumat (8/11/2013) mengatakan media massa memiliki kemampuan yang cukup besar dalam mengajak masyarakat untuk peduli terhadap dampak perubahan iklim.

“Selama ini, belum banyak media massa yang fokus dalam memberitakan isu perubahan iklim sehingga kami mendorongnya dalam bentuk lomba seperti ini,”ujarnya dalam acara penganugerahan pemenang Indonesia Climate Change Trust Fund  (ICCTF) Media Award 2013 di Jakarta.

Menurutnya, isu perubahan iklim adalah hal yang harus diketahui masyarakat karena dampaknya sudah dirasakan beberapa tahun terakhir.

Salah satu upaya pemerintah dalam mengurangi dampak perubahan iklim adalah membentuk ICCTF pada 2009 sebagai kelanjutan dari komitmen yang dihasilkan dalam Conference of Parties (COP) 13 United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) yang diadakan di Bali pada 2007.

Sementara itu, ICCTF Media Award 2013 merupakan anugerah jurnalistik untuk media massa yang memberikan perhatian kepada isu perubahan iklim. Ajang itu dibuat agar media massa melakukan edukasi mengenai perubahan iklim kepada masyarakat Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Ketua AJI Jakarta Umar Idris mengatakan acara itu diadakan berkat kerjasama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) dan menjaring sembilan pemenang dari tiga kategori yaitu cetak, online, dan televisi.

Tema besar lomba tersebut adalah “Pembangunan Rendah Karbon dan Ketahanan terhadap Perubahan Iklim” dan subtemanya adalah energi terbarukan, pembangunan kota yang ramah lingkungan, karbon market, dan inisiatif dan inovasi untuk mengurangi efek rumah kaca.

Dia mengatakan para juri telah memilih 3 pemenang pertama dalam lomba ini yaitu Irvan Irmansyah dari portalKBR.com dengan judul “Desa Mekarjaya dari Desa Pembalak ke Pelestari Lingkungan untuk kategori cetak dan online, Rahdini dari Metro TV dengan judul “Taman Sawit Nasional Tesso Nilo.” P. Raditya Mahendra Yasa dari Kompas dengan judul “Kerusakan Pesisir Utara Jawa” untuk kategori foto.

Dari kesemuanya itu, sambungnya, karya Irvan Irmansyah dari portalKBR.com terpilih menjadi delegasi ICCTF yang nantinya akan meliput pertemuan internasional perubahan iklim di Polandia pada November 2013.

Namun sayangnya, dia mengungkapkan peserta lomba ini masih didominasi oleh jurnalis yang berasal dari media massa Jakarta.”Hanya 5% saja yang berasal dari luar Jakarta,”paparnya.

Dia menambahkan jika lomba dengan tema yang sama akan diadakan lagi pada tahun mendatang, maka dirinya mnegharapkan lebih banyak peserta yang berasal dari luar Jakarta untuk menambah perspektif yang lebih luas. (Amanda K. Wardhani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper