Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inflasi Balikpapan 2013 Diprediksi 8,5%, Harga Pangan Jadi Pemincu

Laju inflasi Balikpapan 2013 diprediksi mencapai 8,5% dengan kontribusi utama dari bahan makanan seiring dengan mulai datangnya musim penghujan.

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Laju inflasi Balikpapan tahun ini diprediksi mencapai  8,5% dengan tetap mewaspadai gejolak harga pada kelompok pengeluaran bahan makanan seiring dengan mulai datangnya musim penghujan.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Mawardi B. H. Ritonga mengatakan Kalimantan Timur menjadi salah satu daerah yang akan mendapatkan curah hujan tinggi pada dua bulan sisa di tahun ini berdasarkan prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Karena suplai bahan makanan berasal dari pulau lain, gejolak harga pada kelompok pengeluaran ini perlu diwaspadai agar laju inflasi bisa terkendali.

“Perkiraan kami laju inflasi di akhir tahun berkisar pada 8,5% atau kalaupun lebih tidak sampai menembus dua digit,” ujarnya kepada Bisnis hari ini, Senin (4/11/2013).

Kendati demikian, Mawardi melihat adanya proses pembentukan harga bahan makanan pada posisi yang wajar. Deflasi yang terjadi pada dua bulan berturut-turut menjadi salah satu indikasi mulai terkendalinya harga bahan makanan di pasaran.

Adapun untuk kelompok makanan jadi yang mengerek inflasi pada Oktober sebesar 0,15%, menurutnya menjadi salah satu gaya hidup masyarakat perkotaan. Kecenderungan untuk mengkonsumsi makanan jadi menyebabkan adanya peningkatan harga pada kelompok pengeluaran ini.

Sebelumnya, optimisme laju inflasi Balikpapan tidak sampai menembus dua digit juga disuarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Balikpapan. Syahruni, Kepala BPS Kota Balikpapan, mengatakan optimisme ini didorong oleh tren tahunan inflasi yang biasanya melandai di akhir tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper