Jokowi Ternyata Jago Naik Gunung Saat Kuliah di Kehutanan UGM

Jokowi ternyata anggota Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Silvagama saat masih kuliah Fakultas Kehutanan UGM.
Akhirul Anwar | 26 Oktober 2013 20:15 WIB
Gaya Jokowi sebelum melakukan pendakian Gunung Kerinci

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menghadiri reuni emas 50 tahun Fakultas Kehutanan UGM Yogyakarta.

Aneka kenangan Jokowi ketika menjadi mahasiswa adalah bahan pembicaraan bersama teman satu angkatan 1980. Satu hal yang menarik dari kegiatannya di kampus biru, Jokowi adalah anggota Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Silvagama Fakultas Kehutanan UGM.

Memori mantan Wali Kota Solo itu dikembalikan pada 1983 saat mendaki gunung Kerinci bersama 15 rekannya. Adik kelasnya kemudian memberi baju Silvagama warna hitam dan memberi kenangan foto saat Jokowi membentangkan bendera Silvagama.

"Ini dulu saat naik gunung Kerinci tahun 1983, saat itu naik bus dua hari karena nggak punya duit, jadi nggak naik pesawat. Saya nggak punya gambar ini, cari-cari foto ini ternyata sekarang masih ada," kata Jokowi saat menerima foto pemberian adik kelasnya disela reuni emas 50 tahun Fakultas Kehutanan di rektorat UGM, Sabtu (26/10/2013). 

Dari 16 anggota Silvagama, Jokowi yang paling kecil bahkan lebih kurus dari sekarang. Namun badan kurusnya membuat dia lincah berjalan sehingga pertama kali sampai di puncak Kerinci.  

"Yang ke sana badannya besar semua. Saya paling kurus, tapi yang sampai di atas pertama kali Jokowi," ujarnya disambut derai tawa para mahasiswa dan alumnus Fakultas Kehutanan UGM.

Sementara itu,  baju Silvagama yang diberikan kepada Jokowi langsung dipakai, tapi kekecilan. Namun dia justru bilang malah modis dikenakan. "Kekecilan tapi malah mbois [keren]."

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jokowi

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top