Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perselisihan Pilkada Jatim Diputuskan MK Hari Ini (7/10/2013)

Bisnis.com, JAKARTA - Mahkamah Konstitusi akan menggelar sidang Pengucapan Putusan terkait dengan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Jawa Timur pada hari ini, Senin (7/10/2013).
Sepudin Zuhri
Sepudin Zuhri - Bisnis.com 07 Oktober 2013  |  10:46 WIB
Perselisihan Pilkada Jatim Diputuskan MK Hari Ini (7/10/2013)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mahkamah Konstitusi akan menggelar sidang Pengucapan Putusan terkait dengan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Jawa Timur pada hari ini, Senin (7/10/2013).

Hal itu dapat dilihat dari situs resmi Mahkamah Konstitusi http://www.mahkamahkonstitusi.go.id.

Nomor Perkara: 117/PHPU.D-XI/2013, Pokok Perkara: Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Provinsi Jawa Timur Tahun 2013,
Pemohon: Khofifah Indar Parawansa dan H. Herman S. Sumawiredja [No.Urut 4] Kuasa Pemohon: Dr. Otto Hasibuan, S.H., M.M.

Dalam sidang lanjutan sengketa Pilkada Jatim, pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman Suryadi Sumawiredja, menghadirkan 20 saksi dan KPU lima saksi.

Namun majelis panel hanya sempat memeriksa 16 saksi dari pemohon.

Dalam dalilnya, pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman Suryadi Sumawiredja, mengatakan pasangan Karsa melakukan pelanggaran yang terstruktur dengan membuat program kerja untuk bisa memenangkan dirinya dalam Pilkada Jatim.

Pemohon juga menilai anggaran ini disahkan oleh DPRD karena Calon Gubernur Soekarwo merupakan ketua Partai Demokrat yang mengusung dirinya sebagai calon gubernur.

Untuk itu, pemohon meminta MK membatalkan hasil Pilkada Jatim dengan memerintahkan KPU Jatim menyelenggarakan pemilihan ulang dan mendiskualifikasi pasangan calon terpilih, Soekarwo-Saifullah.

Pilkada Jatim diikuti oleh empat pasangan, yakni pasangan Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah (Jempol), Khofifah Indar Parawansa-Herman S Sumawiredja (Berkah), Eggi Sudjana-Muhammad Sihat (Beres) dan pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa).

Hasil rekapitulasi KPU telah memenangkan Karsa setelah meraih 8.195.816 suara (47,25%). Posisi kedua yakni pasangan Berkah meraih 6.525.015 suara (37,62%).

Kemudian pasangan Bambang-Said di urutan ketiga dengan raihan 2.200.069 (12,69%), terakhir pasangan Eggi-Sihat 422.932 suara (2,44%).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mk pemilu pilkada soekarwo khofifah indar parawansa
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top