Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

17 Negara Setuju Tampung Pengungsi Suriah

Bisnis.com, JAKARTA--Tujuhbelas negara, termasuk Amerika Serikat, Prancis, dan Australia, setuju menerima sejumlah pengungsi, yang melarikan diri dari konflik di Suriah, kata badan PBB urusan pengungsi pada Rabu."Sejauh ini, UNHCR menerima 17 negara

Bisnis.com, JAKARTA--Tujuhbelas negara, termasuk Amerika Serikat, Prancis, dan Australia, setuju menerima sejumlah pengungsi, yang melarikan diri dari konflik di Suriah, kata badan PBB urusan pengungsi pada Rabu.

"Sejauh ini, UNHCR menerima 17 negara dalam usaha pemukiman Suriah/Humanitarian Admission Programme," kata Peter Kessler, juru bicara kawasan Badan PBB Urusan Pengungsi (UNHCR).

"Mereka menawarkan sekitar 10.000 tempat seluruhnya, dengan beberapa program terutama pada tahun kalender 2014," tambahnya.

Keputusan itu datang saat kecaman dari sejumlah negara Barat atas gagalnya berbagi beban yang disebabkan eksodus setidaknya dua juta orang dari Suriah.

Sejauh ini, tetangga-tetangga Suriah --Lebanon, Turki, Jordania dan Irak-- menampung mayoritas pengungsi, tetapi arus pengungsi terus mengalir dan menyebabkan ketegangan.

Masalah itu terutama terjadi di Lebanon, yang kini menampung setidaknya 760.000 orang yang terdaftar sebagai pengungsi.

Jumlah sesungguhnya warga Suriah di Lebanon, dengan penduduknya sendiri empat juta jiwa, mungkin mencapai satu juta orang.

"Kini lebih dari 2,1 juta pengungsi," kata Kessler.

Sepuluh ribu tempat permukiman di luar negeri adalah langkah penting pertama, katanya.

Berdasarkan perjanjian itu, UNHCR akan menilai para pengungsi bagi relokasi ke 17 negara penampung itu, memberikan prioritas kepada mereka yang paling rawan, kata Kessler.

"Rawan itu didasarkan atas berbagai masalah," katanya dan itu termasuk orang cacat, rumah tangga yang dipimpin tunggal dan para korban pelecehan seksual atau bentuk penykisaan lainnya.

Berapa jumlah pengungsi yang masing-masing dar i17 negara itu akan terima belum diputuskan, walaupun laporan-laporan di Prancis mengatakan negara itu hanya dapat menampung 1.200 orang.

Swedia, yang termasuk di antara 17 negara itu telah mengatakan pihaknya akan memerikan izin tinggal kepada para pengungsi Suriah yang telah berada di negara itu, tetapi mereka tidak dapat meminta suaka di kedutaan-kedutaan Swedia. (Antara/Reuters)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper