Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lebih dari 70% Agen Rahasia Dirumahkan, Keamanan AS Terancam

Bisnis.com, JAKARTA—Lebih dari 70% pegawai sipil yang bekerja di sejumlah lembaga intelijen Amerika Serikat terpaksa turun status jadi pegawai 'tidak penting' dan terpaksa dirumahkan akibat penghentian anggaran belanja AS (shutdown) mulai kemarin,

Bisnis.com, JAKARTA—Lebih dari 70% pegawai sipil yang bekerja di sejumlah lembaga intelijen Amerika Serikat terpaksa turun status jadi pegawai 'tidak penting' dan terpaksa dirumahkan akibat penghentian anggaran belanja AS (shutdown) mulai kemarin, menurut sejumlah pejabat yang mengetahui persoalan tersebut.

Para agen rahasia yang terkena dampak shutdown tersebut adalah mereka yang bekerja di Central Intelligence Agency (CIA), Direktorat Intelijen Nasional dan 15 lembaga lainnya.

CIA akan merumahkan 12.500 pegawai sipil, menurut sumber itu. Namun pegawai di sejumlah lembaga khusus lainnya tidak diketahui nasibnya, kata pejabat tersebut sebagaimana dikutip Reuters, Rabu (2/10/2013). CIA dan Gedung Putih tidak berkomentar terkait dengan fenomena tersebut.

Kendati demikian, tidak ada dari pihak milter yang berhenti bekerja, ujar pejabat yang tidak mau disebutkan namanya tersebut. Sebagian besar agen rahasia dari kalangan militer berada di bawah pengawasan Pentagon.

Shawn Turner, Kepala Pusat Penerangan Direktorat Intelijen Nasional, tidak mau berkomentar lebih jauh terkait tindakan merumahkan para agen rahasia, namun mengakui kalau shutdown berlanjut maka lembaga tersebut akan terpengaruh.

"Kemampuan intelijen dalam mengidentifikasi ancaman keamanan dan dalam memberikan informasi akan berkurang selama masa shutdown,” ujar Turner.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper