Ini Kiat Sukses 5 Pengusaha Top-4

Bisnis.com, JAKARTA - Anda kerap menemui jalan buntu saat akan memulai usaha. Namun, banyak juga orang bertanya: Haruskah menjadi pengusaha harus banyak uang dulu atau koneksi atau dua-duanya. Berikut kiat sukses sejumlah pengusaha sukses: Jebrettt...
Martin Sihombing | 02 Oktober 2013 17:49 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Anda kerap menemui jalan buntu saat akan memulai usaha. Namun, banyak juga orang bertanya: Haruskah menjadi pengusaha harus banyak uang dulu atau koneksi atau dua-duanya. Berikut kiat sukses sejumlah pengusaha sukses: Jebrettt...

Aksa Mahmud, Bosowa Group: Dalam sejarah perjalanan hidupnya sudah terlatih belajar sambil berusaha. Sejak SD sudah terbiasa menjual bonbon. Atau membeli ikan di pinggir pantai seharga Rp 10, lalu menjualnya ke kota seharga Rp 12.

Enterpreneur harus memilki jiwa keberanian, kejujuran, dan percaya diri. Ketika masyarakat di Kota Makassar masih naik angkot, sesuai kemampuan ekonomi rata-rata masyarakat, justru sudah berbisnis jasa taksi. Seorang guru besar ekonomi di kota Anging Mamiri ini sampai-sampai mengingatkan Aksa untuk bertidak hati-hati.

Jika tidak memiliki keberanian dan kepercayaan diri jangan terjun menjadi enterpreneur. Wilayah ini adalah profesi yang bagaikan perang, tidak ada habis-habisnya. Pengusaha mulai bangun sudah harus memikirkan bagaiman memenangkan usaha, mulai tidur itu pula yang dipikirkan, Bahkan saat mimpi di malam hari atau siang bolong sekalipun mimpinya adalah bagaimana memenangkan usaha. Seorang pengusaha barus berhenti berusaha setelah dipanggil ke liang lahat.

Bosowa memulai dari dealer mobil lalu menjadi perusahaan konglomerasi. Pabrik Semen Bosowa merupakan salah satu tulang punggungnya. Bosowa mulai masuk ke bisnis hotel, di Makassar maupun Bali.  Sukses bisnis keluarga tergantung pada kekompakan keluarga dan regenerasi.

Kini menyerahkan komando Bosowa kepada Erwin sebelum anak pertamanya itu berusia 35 tahun. Ada sekitar 22 pengusaha Bugis-Makassar yang pernah Berjaya, tetapi kemudian hampir semua punah karena gagal melakukan regenerasi. Di antara 22 pengusaha Bugis-Makassar, menurut Aksa, hanya satu saja yang bertahan yakni Kalla Group.

Misalnya benar-benar berangkat dari bawah. Ketika berpeluang menjadi usahawan, mati-matian berusaha untuk merawat peluang itu sampai benar-benar menjadi usahawan yang diperhitungkan. Awalnya ketika berbisnis mobil di wilayah Indonesia Timur, berbisnis beraneka barang tambang, perkebunan dan perikanan, (dahlandahi.com)

Siswono Yudo Husodo, CV Bangun Tjipta Sarana (PT Bangun Tjipta Sarana), interpretasi saya atas istilah entrepreneurship yang selayaknya dipahami sebagai suatu kemampuan inovatif, juga kreatif dan semangat berinisiatif untuk merubah suatu potensi (baik potensi yang ada pada orang, pada alam atau pada posisi strategis geografis lokasi) menjadi sesuatu yang efektif bermakna atau menjadi sesuatu yang riil menghasilkan manfaat.
Dalam hal inovasi, Indonesia masih tertinggal. Sebagai informasi pada 2000, paten dari peneliti Indonesia yang didaftar di Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Indonesia hanya berjumlah 370, sedangkan paten dari Jepang yang didaftarkan di Dirjen HAKI mencapai 710.

Entrepreneurial itu sangat diperlukan bukan hanya di organisasi bisnis, tetapi juga diberbagai organisasi, termasuk untuk pemerintahan. Ada yang menganggap entrepreneurial itu bakat. Dari pengalaman saya menganggap entreprenurial itu bisa dibentuk dan ada juga yang muncul pada diri seseorang karena memperoleh trigger, yang bisa karena dipaksa keadaan.
Dengan pengertian itu, tak semua pengusaha memiliki entrepreneurial yang cukup. Seorang pengusaha sukses umumnya disamping memiliki entreprenurialship yang memadai, juga memiliki kemampuan manajemen dan keberuntungan (Feng Shui). Orang yang beruntung lebih menang dari orang yang pintar.( (syudohusodo.blogspot.com)

Cri Puspa Dewi Motik Pramono,  Pimpinan Umum De Mono Group dan Presiden Direktur PT Puncak Wawasan Indah: Untuk menjadi orang sukses dunia dan akhirat, harus dimulai dari diri sendiri. Dan yang paling penting harus dimulai dengan niat yang tulus dan ikhlas. Sebab, dengan niat yang tulus, ikhlas dan dilakukan dengan benar, usaha yang dijalankan insya Allah, Tuhan membuat usaha kita berkembang.

Setiap manusia tentu mau maju, dan terus berusaha untuk merubah nasib, sehingga bisa memperbaiki keadaan, karena itu harus dimulai dari diri kita sendiri.

Salah satu contoh, dengan melaksanakan usahanya dengan tekun dan dijalankan dengan penuh keyakinan dan rasa nyaman. Disamping itu juga harus terus berupaya memperbaiki kwalitas maupun produksi usaha kita menjadi lebih diminati pembeli.

Misalnya dengan mencantumkan label pada hasil karyanya, agar dibaca orang, dan mereka tahu produk tersebut darimana dan dibuat oleh siapa.

Misalnya saja, dengan usaha batik yang dijalankan oleh Ifah Collection, dengan menyampaikan pesan dalam produknya dengan berbahasa Inggris, bahwa produk batik tersebut dikerjakan dengan tangan-tangan kreatif secara tradisional, bahkan kalau hasilnya misalnya juga disumbangkan untuk membantu kegiatan sosial, seperti pendidikan bagi masyarakat miskin.

Entahlah, kalau itu memang bisa dibuat dalam bahasa Inggris kemudian dijual keluar negeri bagaimana respon mereka, seperti halnya salah satu produk termahal di negara Eropa yang melakukan seperti itu.”ujarnya.

Ibu 2 anak yang biasa dipanggil Dewi Motik ini mengaku, dia sendiri memiliki prinsip selalu make it from nothing to something dan make it happen. jadi, para pengusaha harus menunjukkan hasil karyanya secara jujur dan memang putut untuk dikembangkan.
Bukan seperti orang yang hanya ngomong besar, yang tidak ada hasilnya.

Bahkan, wanita yang sangat peduli dengan pengusaha kecil ini juga sempat menyinggung jangan sampai pengusaha itu kerjanya hanya menipu dengan ucapannya. (www.sumenep.go.id)

Eric Tohir, Pendiri Mahaka: Ketika ekspansi bisnis resto tertunda, teman-teman saya semasa sekolah di AS, seperti M. Lutfi, Wisnu Wardhana,dan Harry Zulnardy mengajak untuk berbuat sesuatu. Obrolan ini sudah dimulai pada 1996-1997.

Bukannya tidak menurut pada orang tua dan kakak, tetapi sebenarnya saya juga ingin punya bisnis sendiri.

Kebetulan keluarga memutuskan Boy menjadi pimpinan dan kalau saya mau membangun usaha sendiri, tidak boleh menjalankan operasional bisnis keluarga, cukup menjadi komisaris saja, supaya jangan ribut. Lalu, bisnis otomotif, makanan dan lainnya dijalankan oleh para profesional dipegang Boy, saya beserta adik saya [Rika] menjadi komisaris.

Dari situ, setelah teman-teman mengajak, saya pikir-pikir kenapa tidakmencoba. Di keluarga, saya paling bandel, paling gaul. Awalnya bapak dan kakak saya tidak setuju. Mereka menilai sudah ada bisnis keluarga dan kenapa tidak itu saja yang di jaga?

Erick Thohir, salah satu pengusaha tersukses di Tanah Air ini memberikan pandangannya mengenai arti dari sebuah sukses. “Bagi saya, sukses itu adalah kerja keras. (Bisnis Indonesia)

Poppy Dharsono --Presiden Direktur PT. Poppy Dharsono Cosmetics, Pemilik/Preskom PT. Hasta umi Mandiri, Pemilik Peternakan Buaya di Papua Barat, Pendiri (Preskom) PT. Rana Sankara Indistri, Komisaris PT. Panin Sekuritas-- Ssetiap orang berhak membuat desain motif batik sendiri. Kebebasan ini dinilai bagus untuk membudayakan penggunaan batik pada masyarakat. Namun, motif batik yang telah diciptakan tidak boleh diklaim sebagai motif batik klasik asli suatu daerah. perlu diingat, motif batik hasil kreasi sendiri tergolong batik kontemporer, bukan batik klasik. Jadi, tidak semestinya batik tersebut bisa diklaim sebagai ciri khas suatu daerah.

Motif batik yang diciptakan hendaknya sesuai dengan motif batik lama suatu daerah. Tentu saja untuk menciptakan motif batik diperlukan riset agar tidak menyalahi pakem dan budaya. Dalam menciptakan motif, pelaku usaha harus melakukan riset pasar untuk menentukan target usia dari calon pembeli, daerah, dan kelas ma syarakat. Ketiga hal ini sangat penting untuk menentukan bahan dan metode batik yang digunakan.

Batik yang menggunakan metode tulis dan berbahan kain sutra tentu saja akan mempunyai banderol harga yang lumayan mahal dibandingkan dengan harga batik cap. Pembuatan batik yang ideal diharapkan menggunakan pewarna dari bahan alami. Selain tidak merusak lingkungan, hasil batik yang menggunakan pewarna ini bisa terlihat lebih natural.

Adapun, dalam menjalankan proses produksi pelaku usaha harus memperhatikan sistem air limbah. Jangan sampai sisa produksi ini berdampak terhadap ekosistem pada lingkungan sekitar. Usaha batik sekarang banyak yang memberdayakan masyarakat sekitar untuk bekerja, saya pikir ini bisa dicontoh. (Bisnis Indonesia)

Anindya Bakrie --(Presiden Komisaris PT Visi Media Asia Tbk)--Pada para mahasiswa bahwa tidak ada kata "tidak bisa" dalam meraih mimpi. Yang menghalangi cita-cita, dia melanjutkan, adalah kata "tidak mau". Ini mungkin pertama kali yang harus dipercaya. Karena semuanya berawal dari merasa yakin. Di mana-mana, baik akademisi, politisi, maupun pengusaha memulai semuanya dari niat yang baik, jika niat baik maka insya allah hanya mengenai waktu saja keberhasilan akan datang.

Selesai kuliah, para mahasiswa diharapkan tidak lagi jadi penonton di daerah sendiri. Jadi lah pemain. Bukan saja dalam bidang ekonomi, tapi juga menjadi politisi yang andal. (bisikinfo.blogspot.com)

 

Baca juga:

Ini Kiat Sukses 5 Pengusaha Top-3

Ini Kiat Sukses 5 Pengusaha Top-2

Ini Kiat Sukses 5 Pengusaha Top-1

Tag : entrepreneur, tips sukses
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top