Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Eka Tjipta Dinilai Terkaya, Ini Klarifikasi Resmi Sinar Mas

Bisnis.com, JAKARTA - Sehubungan dengan beredarnya Bloomberg Billionaires Index yang menyebutkan pendiri Sinar Mas Eka Tjipta Widjaja (per 12 September) di peringkat ke 142 dari 200 orang terkaya di dunia, manajemen Sinar Mas meluruskan beberapa

Bisnis.com, JAKARTA - Sehubungan dengan beredarnya Bloomberg Billionaires Index yang menyebutkan pendiri Sinar Mas Eka Tjipta Widjaja (per 12 September) di peringkat ke 142 dari 200 orang terkaya di dunia, manajemen Sinar Mas meluruskan beberapa hal terkait hasil riset dan survei lembaga tersebut.

Berikut keterangan resmi Sinar Mas yang diterima Bisnis.com, Rabu (18/9/2013):

Pertama, Sinar Mas bukanlah sebuah perusahaan induk (holding company) sehingga tidak pernah mengeluarkan laporan keuangan secara terintegrasi yang meliputi seluruh pilar bisnis yang ada.

Sinar Mas adalah sebuah brand yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan dengan nilai korporasi dan sejarah yang sama, namun masing-masing dari mereka independen dengan manajemen tersendiri.

Perusahaan-perusahaan ini dikelompokkan ke dalam enam pilar bisnis yang terdiri atas pulp dan kertas, agribisnis dan makanan, pengembang dan real estat, jasa keuangan, telekomunikasi, serta energi dan infrastruktur (lihat http://www.sinarmas.com).

Sebagian besar perusahaan yang berada disana berstatus perusahaan terbuka yang terikat oleh prinsip corporate governance, serta regulasi dan ketentuan dari pemerintah Indonesia.

Kedua, Eka Tjipta Widjaja sejak tahun 2004 memutuskan untuk berkonsentrasi pada kegiatan sosial dan tidak terlibat dalam pengelolaan atau duduk dalam struktur manajemen perusahaan yang ada dalam pilar bisnis Sinar Mas.

“Jika terdapat sebuah lembaga yang mengeluarkan hasil perhitungan secara menyeluruh atas aset Sinar Mas, jelas terjadi sebuah kekeliruan disana mengingat Sinar Mas bukanlah sebuah perusahaan induk. Selain itu Eka Tjipta Widjaja sendiri sejak lama tidak lagi terlibat dalam pengelolaan perusahaan yang berada di bawah brand Sinar Mas, sehingga menempatkan beliau peringkat orang terkaya juga kekeliruan,” ungkap Managing Director Sinar Mas, G. Sulistiyanto.

Manajemen Sinar Mas, menurut keterangan tersebut, mengapresiasi upaya setiap lembaga – dalam hal ini media – yang mencoba memperingkatkan pencapaian bisnis para pelaku usaha karena hal ini dapat menjadi sumber inspirasi bagi setiap pelaku usaha khususnya di Indonesia untuk lebih inovatif, kompetitif dan tumbuh menjadi pemain global.

Namun, diharapkan upaya itu didasari pada riset yang akurat, mendalam, dan obyektif sehingga hasilnya justru tidak menimbulkan kesalahan persepsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper