Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Profil 10 Calwakot Makassar: Tamsil, Penasehat Spiritual Zaskia Gotik (6)

Bisnis.com, MAKASSAR - Warga kota Makassar bakal menentukan siapa pemimpinnya periode 2014-2019 pada hari pencoblosan besok, Rabu (18/9/2013).
M. Taufikul Basari
M. Taufikul Basari - Bisnis.com 17 September 2013  |  20:49 WIB
Profil 10 Calwakot Makassar: Tamsil, Penasehat Spiritual Zaskia Gotik (6)
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR - Warga kota Makassar bakal menentukan siapa pemimpinnya periode 2014-2019 pada hari pencoblosan besok, Rabu (18/9/2013).

Data Komisi Pemilihan Umum menunjukkan ada 983.990 suara yang bakal diperebutkan oleh 10 pasang calon wali kota dan wakil wali kota.

Mereka adalah Adil Patu-Isradi Zainal, Supomo Guntur-Kadir Halid, Rusdin Abdullah-Idris Patarai, Herman Handoko-Latief Bafadhal, Erwin Kallo-Hasbi Ali.

Tamsil Linrung-Das'ad Latief, Muhyin Muin-Syaiful Saleh, Danny Pomanto-Syamsu Rizal, Irman Yasin Limpo- Busrah Abdullah, dan Apiaty Amin Syam-Zulkifli Gani Ottoh.

Berikut profil ringkas Tamsil Linrung-Das'ad Latief, pasangan calwali Makassar nomor urut 4.

Nama Tamsil Linrung barangkali tak asing, bahkan bagi mereka yang hanya suka menonton berita infotainment di televisi. Pasalnya, Tamsil adalah penasehat spiritual Zaskia Gotik.

Pria yang lahir di Pangkep, 17 September 1961, itu juga baru saja menelurkan buku "Politik untuk Kemanusiaan, Mainstream Baru Politik Indonesia."

Ia adalah anggota DPR RI periode 2009-2014 dari Fraksi PKS (Partai Keadilan Sejahtera). Partai yang sama juga yang mengusungnya bersama Das'ad Latief maju pada pertarungan Calwali Makassar.

Studinya pada jurusan Ekonomi Perusahaan FPIPS – IKIP Ujung Pandang dirampungkan pada 1984.

Sebelum ke PKS, Tamsil pada periode 1999 s.d 2003 menjabat sebagai Bendahara Umum DPP Partai Amanat Nasional.

Mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini pernah pula menjadi Sekretaris Umum ICMI Orwil Daerah Khusus Ibukota Jakarta pada 1995 s.d 2000.

Tamsil bersama dua rekannya, Abdul Jamal Balfas dan Agus Dwikarna, pernah mendapat perlakuan tak menyenagkan dari aparat Filipina dan sempat disidang. Dalam peristiwa tahun 2002 itu akhirnya Tamsil dan Balfas dibebaskan.

Penahanan itu berkaitan dengan tudingan Tamsil Linrung sebagai pemasok senjata untuk membantu perjuangan gerakan teroris. Tuduhan itu tidak pernah terbukti.

Sementara itu, pasangannya Das'ad Latif dikenal sebagai penceramah agama sekaligus dosen ilmu komunikasi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unhas Makassar.

Das'ad kelahiran Pinrang, 21 Desember 1977. Pada 2004, Das'ad mulai belajar sebagai dai secara otodidak.

Ia adalah doktor politik jebolan Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), sementara pendidikan S1 dan S2 diambil di Unhas.

Selain program revitalisasi pasar-pasar tradisional, pasangan ini juga menyiapkan dana Rp10 juta per kepala keluarga dalam bentuk pinjaman sebagain bantuan modal usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makassar pilkada makassar pilwali tamsil
Editor : Others
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top