Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pilkada Riau: Tak Ada Cagub Peroleh Suara 30%, Akankah Digelar Putaran Kedua?

Bisnis.com, PEKANBARU - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Riau nomor 5, yakni Jon Erizal dan Mambang Mit bersiap-siap memasuki pemilihan gubernur putaran kedua, jika memang tidak bisa digelar satu putaran.
Vega Aulia Pradipta
Vega Aulia Pradipta - Bisnis.com 12 September 2013  |  18:36 WIB
Pilkada Riau: Tak Ada Cagub Peroleh Suara 30%, Akankah Digelar Putaran Kedua?
Bagikan

Bisnis.com, PEKANBARU - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Riau nomor 5, yakni Jon Erizal dan Mambang Mit bersiap-siap memasuki pemilihan gubernur putaran kedua, jika memang tidak bisa digelar satu putaran.

Mambang Mit yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Riau mengatakan pihaknya akan terus melihat perkembangan dari pilgub kali ini.

“Kita siap-siap saja [putaran kedua]. Nanti kita lihat,” ujarnya ketika ditemui usai membuka acara roadshow Perpustakaan Nasional RI di Pekanbaru, Kamis (12/9/2013).

Sebagai Wakil Gubernur Riau yang sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau saat ini, Mambang Mit mengimbau masyarakat Riau untuk menunggu hasil perhitungan resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau yang akan diumumkan pada 15 September mendatang.

Seperti diketahui, sampai saat ini belum diketahui pasangan cagub dan cawagub mana yang memperoleh suara terbanyak pada Pilgubri yang digelar Rabu (4/9/2013) lalu. Pasalnya, KPU Riau kali ini tidak mengadakan perhitungan cepat (quick count).

Namun, segala perbedaan terkait perhitungan suara yang saat ini tengah terjadi, menurut Mambang Mit itu adalah hal yang wajar. Dia meminta masyarakat tetap beraktivitas seperti biasa dan terus menjaga kondisi yang selama ini sudah kondusif.

“Kalau ada perbedaan pendapat ya saya kira itu hal yang biasa, namanya dinamika. Himbauan saya agar masyarakat tenang-tenang saja. Masyarakat Riau saya yakin adalah masyarakat yang berbudaya, santun, dan selama ini pun tidak terjadi gejolak-gejolak,” ujarnya.

Secara terpisah, seperti dilansir dari keterangan resmi pemprov Riau, Ketua KPU Riau Tengku Edy Sabli mengatakan menurut ketentuan, jika suara tidak sampai 30%, maka akan dilakukan pemilihan putaran kedua.

Pemprov Riau diketahui sudah menyiapkan anggaran untuk penyelenggaraan pemilihan gubernur tahap kedua sekitar Rp32 miliar. Meski demikian, putaran kedua ini tentunya masih menunggu hasil perhitungan KPU dulu.

Jika rapat pleno KPU Riau memutuskan pilgubri sekali putaran, maka otomatis anggaran tersebut dikembalikan ke kas daerah.

Pilgub Riau kali ini diikuti oleh lima pasangan, yakni Herman Abdullah-Agus Widayat, Annas Maamun-Arsyadjuliandi Rachman, Lukman Edy-Suryadi Khusaini, Achmad-Masrul Kasmy, dan Jon Erizal-Mambang Mit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

riau pilkada kpud cagub
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top