Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Quick Count Pilkada Kabupaten Bogor: Rachmat Yasin-Nurhayanti Menang 64,68% Suara

Bisnis.com, BOGOR--Pasangan Rachmat Yasin dan Nurhayanti menang telak dengan 64,68% suara dalam hitung cepat yang dilakukan oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pada pemilihan kepala daerah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (8/9/2013)."Sejumlah lembaga
- Bisnis.com 08 September 2013  |  19:12 WIB

Bisnis.com, BOGOR--Pasangan Rachmat Yasin dan Nurhayanti menang telak dengan 64,68% suara dalam hitung cepat yang dilakukan oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI) pada pemilihan kepala daerah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (8/9/2013).

"Sejumlah lembaga survei sebelum ini memprediksi Rachmat Yasin akan unggul dalam pilkada Kabupaten Bogor. Dari hasil hitung cepat, pasangan nomor urut 3 ini unggul 64,68%," kata Peneliti LSI, Ade Mulyana.

Berdasarkan hasil hitungan cepat LSI dan Cira Komunikasi, pasangan RY-Nurhayanti mendominasi jumlah suara, disusul pasangan nomor urut 1 yakni Gunawan Hasan-Muhammad Akri Falaq sebesar 19,46%, selanjutnya pasangan Karyawan Faturachman-Adrian Aria Kusuma dengan jumlah suara 9,86%, dan tempat terakhit pasangan nomor urut 2 yakni Alex Sandi Ridwan-Hengky Tarnando sebesar 6%.

Menurut Ade, hitung cepat yang dilakukan pihaknya menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel tempat pemungutan suara sebanyak 260 TPS dari total TPS yang ada 7.716.

Sampel dipilih dan tersebar secara profesional berdasarkan jumlah pemilih dan dipilih secara acak di seluruh wilayah Kabupaten Bogor.

Hasil hitung cepat tersebut diambil setelah data masuk mencapai 99,23% dengan tingkat kesalahan (margin error) sekitar 1%. Adapun tingkat partisipasi pemilih sebesar 60,38%.

"Pasangan incumbent ini bisa dipastikan menjadi pemenang dalam pilkada Kabupaten Bogor. Tapi tentunya hasil resmi ada pada rekapitulasi KPUD Kabupaten Bogor," kata Ade.

Sementara itu, Arman Salam menyebutkan kemenangan RY dalam pilkada Kabupaten Bogor sudah bisa diprediksi sebelumnya, saat LSI melakukan survei pemilihan.

"Sebelum pilkada dimulai, pasangan incumbent ini sudah jauh mengungguli tiga kandidat lainnya. Dari survei terakhir per Agustus 2013, RY tetap berada di urutan pertama," kata Arman.

Menurut Arman, kemenangan RY dilihat dari tren selama ini dukungan terhadap politisi PPP itu selalu konsisten. Selain itu, kepuasan terhadap kinerja kepemimpinan RY di periode sebelumnya dinilai berhasil sehingga memberikan tingkat kepuasan yang tinggi di masyarakat. "Dari segi penilaian kepribadian, RY pun lebih disukai," ujarnya.

Arman menambahkan meski hasil resmi perhitungan menunggu rekapitulasi KPUD Kabupaten Bogor, tetapi dari pengalaman LSI melakukan hitung cepat sebanyak 203 kali di seluruh Indonesia, hasilnya tidak jauh berbeda dengan perhitungan akhir KPUD. "Hasil hitung cepat LSI hanya selisih kurang lebih 1% saja," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lsi pilkada bogor rachmat yasin nurhayanti

Sumber : Antara

Editor :
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top