Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

NTT Gelar 5 Pilkada Kabupaten Serentak 5 Agustus

Bisnis.com, KUPANG--Lima kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur menjadwalkan pemilihan kepala daerah (pilkada) secara serentak pada 5 Agustus 2013.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 21 Juli 2013  |  10:35 WIB

Bisnis.com, KUPANG--Lima kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur menjadwalkan pemilihan kepala daerah (pilkada) secara serentak pada 5 Agustus 2013.

Juru Bicara Komisi Pemilihan Umum NTT Djidon de Haan mengatakan lima kabupaten itu adalah Sumba Barat Daya (SBD), Alor, Sumba Tengah, Rote Ndao, Kabupaten Kupang dan Kabupaten Manggarai Timur.

"Dalam tahun ini ada 11 pilkada, termasuk pilkada gubernur. Tiga pemilihan sudah digelar yakni pilkada gubernur, pilkada Sikka dan pilkada Nagekeo. Lima pilkada digelar 5 Agustus mendatang. Tiga kabupaten lainnya yakni Ende dan Timor Tengah Selatan masih dalam proses," kata Djidon di Kupang, Minggu (21/7/2013).

Khusus untuk Kabupaten Belu, proses persiapannya masih mengalami kebuntuan karena terjadi perbedaan pemahaman antara pemerintah dan penyelenggara dalam hal keikutsertaan Daerah Otonomi Baru Malaka yang baru memisahkan diri dari kabupaten induk Belu.

Djidon mengatakan, pada 2013 memang ada banyak pilkada di NTT karena pemilihan di beberapa kabupaten dipercepat pada 2013 mengingat pada 2014 tidak ada pelaksanaan pilkada. Semua persiapan diarahkan untuk pemilu legislatif dan Presiden.

Namun, tuturnya, bagi kepala daerah yang masa jabatannya baru berakhir pada 2014, seperti Kabupaten Kupang dan TTS, pelantikannya tetap dilaksanakan pada tahun mendatang.

Mengenai persiapan pelaksanaan pilkada di lima kabupaten, dia mengatakan, sedang dilaksanakan kampanye pasangan calon.

Untuk logistik, semua sudah siap dan saat ini dalam proses sortir sebelum dilakukan pendistribusian ke kecamatan-kecamatan. "KPU provinsi terus memantau semua persiapan yang berhubungan dengan pelaksanaan pilkada di lima kabupaten ini. Sejauh ini tidak ada masalah," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kupang pilkada ntt kabupaten sumba barat daya alor sumba tengah rote ndao manggarai timur

Sumber : Antara

Editor :
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top