Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa Guncang Malang, Masyarakat Berlarian Keluar Rumah

Bisnis.com, JAKARTA--Gempa bumi berkekuatan 5,9 skala richter (SR) mengguncang Malang, Jawa Timur, Senin (8/7/2013) pukul 09:13:39 WIB di koordinat 9.16 LS, 113.00 BT kedalaman 10 kilometer.Pusat gempa berada di Samudera Hindia yaitu 112 kilometer Tenggara

Bisnis.com, JAKARTA--Gempa bumi berkekuatan 5,9 skala richter (SR) mengguncang Malang, Jawa Timur, Senin (8/7/2013) pukul 09:13:39 WIB di koordinat 9.16 LS, 113.00 BT kedalaman 10 kilometer.

Pusat gempa berada di Samudera Hindia yaitu 112 kilometer Tenggara Malang (Jatim), 114 km Barat Daya Lumajang (Jatim), 130 km Barat Daya Jember (Jatim) atau 202 km Tenggara Surabaya.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan gempa tidak berpotensi tsunami. "Posko BNPB telah mengkonfirmasi dampak gempa ke beberapa daerah," katanya dalam siaran pers hari ini, Senin (8/7/2013).

Dari BPBD Malang dilaporkan gempa terasa sedang selama 3-5 detik. Lampu di dalam gedung bergoyang. Masyarakat sebagian lari keluar rumah. Namun, tidak ada laporan kerusakan di Kota Malang.

Di Bondowoso gempa terasa cukup kuat selama 5 detik. Masyarakat yang di gedung RS Bondowoso segera keluar gedung. Tidak ada kerusakan. Di Jember gempa dirasakan cukup kuat selama 5 detik. Masyarakat sebagian keluar rumah. Tidak ada kerusakan.

Berdasarkan peta guncangan gempa menunjukkan intensitas III MMI (lemah) di selatan wilayah Jawa Timur. Sumber gempa berada di bagian dalam zona subduksi atau pertemuan lempeng tektonik antara lempeng Hindia Australia dan Eurasia. BPBD masih melakukan pengecekan ke bagian selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper