Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PILKADA MALUKU TENGGARA: Pasangan AYU Menang Mutlak

BISNIS.COM, MALUKU TENGGARA--Pasangan Andreas Rentanubun-Yunus Serang (AYU) unggul telak dalam pemilihan Bupati & Wakil Bupati Maluku Tenggara yang yang berlangsung pada Senin (17/6/2013).
Sepudin Zuhri
Sepudin Zuhri - Bisnis.com 18 Juni 2013  |  02:10 WIB

BISNIS.COM, MALUKU TENGGARA--Pasangan Andreas Rentanubun-Yunus Serang (AYU) unggul telak dalam pemilihan Bupati & Wakil Bupati Maluku Tenggara yang yang berlangsung pada Senin (17/6/2013).

Data yang dihimpun Antara menunjukkan pasangan petahana (incumbent) mendominasi perolehan suara dengan meraih kemenangan mutlak lebih dari 60% tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di enam kecamatan.

Di Langgur, ibu kota kabupaten Maluku Tenggara misalnya, dari 20-an TPS hampir semua dimenangkan pasangan AYU dengan perolehan suara mutlak, dan hanya tiga TPS yang dimenangkan pasangan lainnya.

Pada TPS XI, Kei Kecil tempat calon Bupati Andreas Rentanubun menyalurkan hak politiknya, dia menang mutlak dengan memperoleh 143 suara dari total 185 suara sah.

Sementara itu, lima pasangan lainnya di antaranya Samuel Resoeboen-Muuti Matdoan memperoleh 35 suara. Taher Hanubun-Gerry Habel Hukubun (TEGAR) 10 suara dan Longginus Sangur-Abdurasid Wokanubun (LOGIS) hanya satu suara.

Adapun, dua pasangan lain yakni Joseph Renmeuw-Wardatu Uwar dan Joseph Sikteubun-Dzul Kilfli Rettob tidak memperoleh dukungan suara.

Jumlah pemilih terdaftar pada TPS tersebut sebanyak 216 pemilih, dan yang menggunakan hak politiknya hanya 176 orang, 40 orang tidak memilih serta 10 orang pindahan dari TPS lain.

Begitu pun pada TPS X Langgur dari total pemilih 296 pasangan AYU memperoleh 160 suara, diikuti pasangan Resoeboen-Matdoan dengan 41 suara serta TEGAR dengan 26 suara.

Sementara itu, tiga pasangan lainnya yakni Joseph Renmeuw-Wardatu Uwar (3 suara), Joseph Sikteubun-Dzul Kilfli Rettob (1 suara) dan pasangan LOGIS tidak memperoleh suara.

Pada TPS tersebut tercatat 228 pemilih menggunakan haknya, sedangkan 68 orang tidak mencoblos serta suara tidak sah serta empat pemilih tambahan yang coblos menggunakan kartu tanda penduduk (KTP) serta kartu keluarga.

Tim pemenangan pasangan AYU secara terpisah meyakini mereka akan memenangkan Pilkada tersebut dalam satu putaran.

"Dari laporan yang masuk dari para relawan dan saksi yang ditempatkan pada 270 TPS, pasangan AYU telah memperoleh 27.000 suara dari total suara yang telah dihitung sebanyak 46.000 suara," kata penanggung jawab perhitungan suara pasangan AYU, Agus Jaftoran.

Dengan perolehan suara tersebut, Agus memastikan pasangan incumbet akan menang dalam satu putaran dengan persentase lebih dari 50%.

Jumlah pemilih di Kabupaten Maluku Tenggara berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 68.011 orang dan tersebar pada 270 TPS di enam kecamatan. (Antara)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pilkada bupati maluku tenggara ayu
Editor : Sepudin Zuhri

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top