Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HIBAH AS: Kabupaten Mamuju Dapat Gelontoran Dana US$600 Juta

BISNIS.COM, MAMUJU--Pemerintah Amerika Serikat memberikan bantuan dana hibah ke Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, sebesar US$600 juta melalui dutabesarnya Scot Marciel.Dubes AS didampingi Vice Konsulat Jendral AS, Nick Heltzel, berkunjung ke Sulawesi

BISNIS.COM, MAMUJU--Pemerintah Amerika Serikat memberikan bantuan dana hibah ke Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, sebesar US$600 juta melalui dutabesarnya Scot Marciel.

Dubes AS didampingi Vice Konsulat Jendral AS, Nick Heltzel, berkunjung ke Sulawesi Barat sejak tanggal 13 sampai 14 Mei 2013.

Dalam kunjungannya, Dubes AS memberikan bantuan hibah bagi Provinsi Sulbar dalam rangka mengentaskan masyarakat dari kemiskinan dengan memajukan ekonomi daerah tersebut.

Bantuan hibah dari Amerika Serikat juga diperuntukkan bagi provinsi lainnya di Indonesia. Total hibah sebesar 600 juta dolar AS.

Selain itu, dalam kunjungannya Scot juga meminita masyarakat di daerah itu untuk memupuk kerjasama dan rasa toleransi masyarakat yang majemuk.

"Kalau tidak saling mengenal karena tidak bekerjasama maka akan tercipta prasangka buruk yang dapat menjadi benih konflik," kata Dubes AS saat melakukan pertemuan dengan Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi Sulbar di Mamuju, Senin (13/5/2013) malam.

Dia mengatakan kondisi di negaranya konflik biasa terjadi karena tidak adanya kerjasama di masyarakat, sehingga antara masyarakat tidak saling mengenal dan tidak saling menghargai.

Oleh karena itu dia berharap di Provinsi Sulbar masyarakatnya saling menghargai dengan bekerjasama membangun daerahnya sehingga mampu terbangun toleransi yang kuat yang tentunya akan mendorong kemajuan daerah.

Dia mengaku sangat mengapresiasi kehidupan demokrasi di Provinsi Sulbar yang masyarakatnya majemuk dan multi etnik namun tetap terbina kerukunan dimasyarakatnya.

Ia mengatakan, kerukunan itu harus tetap dipertahankan kedepan demi kemajuan pembangunan.

"Indonesia dan Amerika Serikat harus belajar bersama dengan melakukan kerjasama mempertahankan kehidupan demokrasinya masing masing, yakni dengan menumbuhkan kerjasama dimasyarakatnya, dan itu merupakan tantangan kedepan untuk diwujudkan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper