Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

DPD Tolak Usulan Pemerintah Hilangkan Pilkada

BISNIS.COM,JAKARTA – Dewan Perwakilan Daerah menolak usulan pemerintah untuk menghilangkan pemilihan umum kepala daerah langsung di tingkat kabupaten/kota.Ketua DPD Irman Gusman mengatakan pemilihan langsung kepala daerah merupakan sistem terbaik
Bambang Supriyanto
Bambang Supriyanto - Bisnis.com 10 April 2013  |  19:49 WIB
DPD Tolak Usulan Pemerintah Hilangkan Pilkada
Bagikan

BISNIS.COM,JAKARTA – Dewan Perwakilan Daerah menolak usulan pemerintah untuk menghilangkan pemilihan umum kepala daerah langsung di tingkat kabupaten/kota.

Ketua DPD Irman Gusman mengatakan pemilihan langsung kepala daerah merupakan sistem terbaik untuk menyalurkan kedaulatan rakyat.

“Ini kan esensi demokrasi, kita baru 3 kali [pemilukada] langsung, jangan kemudian mundur lagi karena ada masalah,” katanya di Kantor Presiden, Rabu (10/4).

Dia mengakui pemilihan kepala daerah langsung banyak menimbulkan persoalan seperti politik uang dan biaya penyelenggaraan yang mahal.

Namun, Irman berpendapat ekses tersebut bisa ditekan dengan perbaikan sistem yang spesifik tanpa harus menghilangkan mekanisme pemilihan langsung.

“Masalahnya yang harus diperbaiki, bisa juga disederhanakan dibuat serentak, tapi rakyat yang memilih,” katanya.

Pemerintah dan DPR saat ini sedang membahas rangkaian aturan terkait struktur pemerintahan daerah yang terdiri dari RUU Pemerintahan Daerah, RUU Desa dan RUU Pemilu Kepala Daerah.

Mendagri sebelumnya menjelaskan pemerintah mengusulkan kepala daerah di tingkat kabupaten/kota tidak lagi dipilih langsung tetapi dipilih oleh DPRD secara terbuka.

Dalam rangkaian peraturan tersebut pemerintah juga mengajukan perpindahan kewenangan pemberian izin investasi dari pemerintah kabupaten/kota ke pemerintah provinsi.

Irman mengatakan DPD sepakat dengan pergeseran wewenang tersebut sepanjang bisa menyederhanakan alur perizinan yang harus dilalui investor untuk mulai berusaha di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemilu pilkada dpd

Sumber : Demis Rizki Gosta

Editor : Bambang Supriyanto
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top