Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tersengat bawang, Presiden SBY tegur para menteri

BISNIS.COM, JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegur para menterinya menyusul kenaikan harga bawang merah, bawang putih, dan daging sapi yang di luar kendali.
Fahmi Achmad
Fahmi Achmad - Bisnis.com 14 Maret 2013  |  15:41 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegur para menterinya menyusul kenaikan harga bawang merah, bawang putih, dan daging sapi yang di luar kendali.

Dalam pembukaan sidang kabinet terbatas di bidang ekonomi pada Kamis (14/3) siang, SBY menyampaikan kekecewaannya terhadap para menteri yang menangani persoalan tersebut.

Dia mengatakan bahwa ia mengikuti perkembangan yang terjadi di masyarakat seputar kenaikan harga bawang putih, bawang merah, dan daging sapi, namun belum ada langkah serius yang dilakukan bawahannya.

"Saya menyimak televisi, saya baca koran, saya dengar percakapan di masyarakat tentang kenaikan harga. Saya belum melihat langkah-langkah yang lebih serius dan nyata. Saya malah dengar seperti saling menyalahkan dari satu kementerian dan kementerian lain. Ini buruk," ujarnya.

SBY melanjutkan kementerian seharusnya duduk bersama dan berbicara dengan para pemimpin di daerah mulai dari tingkat gubernur hingga bupati dan walikota untuk segera mengatasi masalah tersebut.

"Ketika harga pangan dan minyak kritis pada 2008, berhari-hari dan bermalam-malam kami bekerja. Saya pimpin langsung. Kalau tingkatannya seperti ini, hanya tiga komoditas yang naik tidak wajar, selesaikan. Kalau perlu, jangan tidur sampai [masalah ini] selesai."

Rakyat, lanjut presiden, membutuhkan kepastian dan solusi dari kementerian dan leembaga terkait untuk mengatasi permasalahan yang saat ini sedang dihadapi.

"Saya mendengarnya dalam talkshow, dalam seminar, bukan itu. Yang saya inginkan adalah lakukan langkah kongkrit. Kemarin saya undang pimpinan KEN [Komite Ekonomi Nasional], ini juga yang saya bicarakan."

(faa)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sby bawang menteri

Sumber : Anggi Oktarinda

Editor : Others
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top