Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PILGUB JATENG : Sudijono Letakkan Jabatan Rektor Universitas Negeri Semarang

BISNIS.COM, SEMARANG – Senat Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyatakan Sudijono Sastroatmodjo akan meletakkan jabatannya sebagai rektor universitas itu pada 11 April 2013.
Endot Briliantono
Endot Briliantono - Bisnis.com 13 Maret 2013  |  20:28 WIB

BISNIS.COM, SEMARANG – Senat Universitas Negeri Semarang (Unnes) menyatakan Sudijono Sastroatmodjo akan meletakkan jabatannya sebagai rektor universitas itu pada 11 April 2013.

"Surat pengunduran diri beliau [Sudijono Sastroatmodjo, red.] sebagai Rektor Unnes sudah dikirimkan ke Menteri Pendidikan dan Kebudayaan," kata Ketua Senat Unnes Samsudi, Rabu (13/3/2013).

Ia mengakui sampai saat ini memang belum ada surat jawaban dari Mendikbud atas permohonan pengunduran diri itu, tetapi Rektor Unnes sekarang tetap akan meletakkan jabatan pada 11 April 2013.

Rektor Unnes Sudijono Sastroatmodjo memutuskan mengundurkan diri dari jabatannya karena maju sebagai bakal calon wakil gubernur mendampingi Gubernur Bibit Waluyo dalam Pilgub Jawa Tengah 2013.

"Semoga sebelum tanggal itu (11 April 2013) sudah ada jawaban dari Mendikbud. Tetapi, seandainya pun belum ada jawaban beliau (Sudijono, red.) tetap akan meletakkan jabatan mulai tanggal itu," katanya.

Mekanisme pergantian rektor sesuai statuta Unnes, kata dia, Unnes mengirimkan surat ke Dirjen Pendidikan Tinggi (Dikti) pejabat sementara atau pelaksana tugas rektor sebelum pejabat kini mundur.

Jadi, kata Direktur Pascasarjana Unnes itu, nanti akan ada surat keputusan (SK) Dirjen Dikti terkait Plt Rektor Unnes yang akan menjabat selama-lamanya satu bulan sejak pejabat kini mengundurkan diri.

Setelah pejabat kini mundur, kata dia, Pembantu Rektor I Unnes secara automatis akan menggantikan sebagai Plt Rektor yang akan menjabat paling lama satu bulan terhitung sejak pejabat kini meletakkan jabatan.

"Sebelum Plt Rektor Unnes habis masa tugasnya, kami akan mengirimkan usulan empat nama pembantu rektor yang akan dipilih satu orang di antaranya secara definitif untuk melanjutkan sisa waktu jabatan," katanya.

Empat nama tersebut, yakni Pembantu Rektor I Unnes Agus Wahyudin, Pembantu Rektor II Unnes Wahyono, Pembantu Rektor III Unnes Masrukhi, dan Pembantu Rektor IV Unnes Fathur Rohkman.

"Sejauh ini, kami belum melakukan proses itu. Aturannya kan sudah tertuang jelas dalam statuta Unnes yang diatur dalam Peraturan Mendikbud Nomor 8/2011. Nanti, kami tinggal menyosialisasikannya," kata Samsudi.

Sudijono Sastroatmodjo terpilih sebagai Rektor Unnes selama dua periode, yakni 2006-2010 dan 2010-2014. Dengan keputusannya mundur tahun ini, berarti tinggal satu tahun masa jabatannya yang tersisa. (Antara/dba)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

unnes sudijono pilkada jateng

Sumber : Newswire & Donald Banjarnahor

Editor : Others
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top