Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PILGUB JATENG: Pasangan Bibit Waluyo Dan Sudijono Sastroatmodjo, Siapa mereka?

SEMARANG – Bibit Waluyo dan Sudijono Sastroatmodjo merupakan pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah pertama yang mendeklarasikan diri serta mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Daerah.
Donald Banjarnahor
Donald Banjarnahor - Bisnis.com 04 Maret 2013  |  13:33 WIB

SEMARANG – Bibit Waluyo dan Sudijono Sastroatmodjo merupakan pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah pertama yang mendeklarasikan diri serta mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Daerah.

Bibit, yang merupakan petahana, menggandeng Sudijono yang selama ini dikenal sebagai akademisi. Berikut adalah profil dari pasangan calon Kepala Daerah yang diusung oleh Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional dan Partai Golkar ini :

Bibit Waluyo

Pria kelahiran Klaten pada 5 Agustus 1949 ini merupakan lulusan Akabari pada 1972. Karir militer Bibit cukup cemerlang dengan menduduki sejumlah jabatan strategis seperti Panglima Kodam Jaya pada 2001.

Jabatan terakhir Bibit adalah Panglima Kostrad dengan pangkat Letnan Jenderal TNI AD. Jabatan ini diembannya sejak 2002 hingga memasuki purnawirawan pada 28 September 2004. 

Pada 2008 lalu Bibit mencalonkan diri menjadi Gubernur Jateng berpasangan dengan Rustriningsih yang kala itu masih menjabat sebagai Bupati Kebumen. Pasangan yang diusung oleh PDI Perjuangan ini memenangkan Pemilihan Kepala Daerah langsung dengan perolehan suara 44,42%.

 

 

Sudijono Sastroatmodjo

Pria kelahiran Pacitan 15 Agustus 1952 ini dikenal sebagai akademisi. Riwayat pendidikannya cukup unik karena menjalani beberapa bidang yang berbeda.

Pada level Strata I dia mengambil Pendidikan di IKIP Semarang pada 1971. Kemudian pada Strata II dia mengambil magister Studi pembangunan di Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Kemudian pada gelar Doktor dia mengambil Hukum Agraria dari Universitas Diponegoro.

Profesor Ilmu Hukum ini banyak menghabiskan karir formal di Universitas Negeri Semarang (Unnes/dahulu IKIP Semarang) berawal sebagai Dosen. Dia pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial IKIP pada 1996—2001.

Kemudian Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unnes 2001—2006. Dia masih saat ini masih menjabat sebagai Rektor Unnes, jabatan yang diemban sejak 2006 lalu.

*) Diolah dari berbagai sumber.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pilgub jateng bibit-sudijono unnes bibit sudijono pilkada jateng

Sumber : Diolah Dari Berbagai Sumber

Editor : Others
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top