Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

APEC BALI 2013: Pengusaha Angkutan Pariwisata Lokal Minta Dilibatkan

DENPASAR—Persatuan Angkutan Wisata Bali meminta pemerintah untuk memberikan porsi bagi pelaku angkutan wisata daerah dalam setiap penyelenggaraan agenda di Bali untuk menumbuhkan pengusaha lokal.Bagus Soegiana Ketua Persatuan Angkutan Wisata Bali


DENPASAR—Persatuan Angkutan Wisata Bali meminta pemerintah untuk memberikan porsi bagi pelaku angkutan wisata daerah dalam setiap penyelenggaraan agenda di Bali untuk menumbuhkan pengusaha lokal.

Bagus Soegiana Ketua Persatuan Angkutan Wisata Bali (Pawiba), mengatakan kegiatan Meeting Incentive Convention and Exibition (MICE) di Bali sangat banyak, apalagi jika dihitung tahunan.

Akan tetapi, pemerintah daerah maupun pusat belum pernah melibatkan pengusaha lokal dalam setiap penyediaan transportasi berbagai kegiatan skala nasional maupun internasional tersebut.

Menurutnya, jika pemenang tender berasal dari luar Bali, sarana transportasi lebih banyak didatangkan dari Jawa. “Padahal untuk penyediaan sarana transportasi kami tidak kurang,” katanya, Rabu (13/2).

Dia meminta untuk menyongsong agenda internasional APEC yang akan diselenggarakan pada semester II/2013 di Nusa Dua, justru akan menggunakan kendaraan ramah lingkungan.

Padahal, ujarnya, transportasi yang menggunakan bahan bakar gas dan listrik itu tidak dimiliki para pengusaha transportasi di Bali.

“Jenis kendaraan itu, tidak mungkin tersedia di Bali. Paling hanya ada mobil tenaga surya macam golf car, namun jumlahnya tak memadai,” ucap Soegiana.

Asumsinya, jika kebijakan benar-benar ada, dimungkinkan transportasi untuk APEC akan didatangkan dari luar Bali.

Saat ini, tercatat Pawiba memiliki 130 anggota yang menguasai sedikitnya 1.000 unit kendaraan diatas 10 seat dan 5.000 kendaraan 9 seat. Saat ini, Bagus mengaku okupansi dari kendaraan wisata sewa di Bali mencapai angka okupansi 80%.(fsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fajar Sidik
Editor : Others
Sumber : Ashari Purwo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper