Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN KALIMANTAN: Ranting Pohon Sistem Mahakam Dibersihkan

BALIKPAPAN: PT PLN (Persero) Area Kalimantan membersihkan ranting pohon di sepanjang jalur transmisi tegangan menengah guna menghindari terjadinya gesekan yang berpotensi mengganggu aliran listrik akibat cuaca buruk.Manager Eksternal dan Hukum PT PLN

BALIKPAPAN: PT PLN (Persero) Area Kalimantan membersihkan ranting pohon di sepanjang jalur transmisi tegangan menengah guna menghindari terjadinya gesekan yang berpotensi mengganggu aliran listrik akibat cuaca buruk.

Manager Eksternal dan Hukum PT PLN Area Kaltim Imam Taufik mengatakan pembersihan ranting tersebut difokuskan pada Sistem Mahakam yang sebagian besar melalui kawasan hutan.

 

Sistem Mahakam merupakan sistem jaringan listrik untuk melayani tiga kota di Kaltim yakni Balikpapan, Samarinda dan Kutai Kartanegara.

"Sebelumnya memang selalu dilakukan pembersihan secara reguler. Kebetulan karena cuaca memang sedang tidak bersahabat, kami juga tingkatkan frekuensinya," ujarnya, Rabu (23/1/2013).

Dia menyebutkan gangguan distribusi listrik akan terjadi apabila terjadi gesekan antara ranting pohon dan kabel jaringan. Kondisi hutan yang rimbun yang dilalui oleh bentangan jaringan meningkatkan risiko terjadinya gesekan tersebut.

Beberapa waktu lalu, tambahnya, pemadaman harus dilakukan akibat faktor cuaca semacam ini. Akibatnya beberapa daerah yang berhubungan dengan jaringan yang rusak harus menunggu hingga perbaikan selesai dilakukan.

Imam menyebutkan target waktu perbaikan yang dilakukan oleh teknisi di lapangan maksimal selama 3 jam. Namun, lama waktu ini bisa bertambah tergantung dari kondisi kerusakan di lapangan.

"Kalau sampai tiangnya ikut tertarik akibat pohonnya rubuh, tentu lebih lama karena harus ada penyiapan alat," ujarnya.

Informasi dari masyarakat juga diperlukan apabila melihat potensi gangguan terhadap jaringan. Pihaknya tentu akan berterima kasih karena informasi tersebut akan membantu mencegah terjadinya gangguan distribusi listrik.(bas)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper