Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ASET DAERAH: DPRD Makassar Desak Pemkot Kelola PD Terminal Metro Makassar

MAKASSAR--DPRD Kota Makassar mendesak pemerintah kota segera mengambil alih pengelolaan Perusahaan Daerah (PD) Terminal Metro Makassar untuk memaksimalkan pendapatan daerah dari sektor ini.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 23 Januari 2013  |  17:16 WIB

MAKASSAR--DPRD Kota Makassar mendesak pemerintah kota segera mengambil alih pengelolaan Perusahaan Daerah (PD) Terminal Metro Makassar untuk memaksimalkan pendapatan daerah dari sektor ini.

Anggota Komisi C Bidang Pembangunan Imran Tenri Tata mengatakan langkah akuisisi perusahaan daerah tersebut menjadi solusi alternatif bagi Pemkot agar lebih menggenjot penerimaan retribusi dari penggunaan terminal di kota ini.
 

"Apalagi jajaran direksi PD Terminal tidak terlihat serius dalam mengejar provit maupun peningkatan pelayanan di terminal angkutan darat yang ada di Makassar. Bahkan kesemrawutan di terminal semakin memprihatinkan," kata Imran, Rabu (23/1/2013).
 

Menurutnya, akuisisi PD Terminal Metro Makassar juga diharapkan untuk mengetahui sejauh mana Pemkot mengakomodir stakeholder dan tidak menjadi pro kontra, khususnya pengaturan angkutan bus antar kabupaten yang menggunakan jasa terminal Makassar.
 

"Selain itu, langkah akuisisi seyogyanya mampu mendorong Dinas Perhubungan Kota Makassar kedepan untuk lebih ketat mengawasi setiap terminal dan menjalankan perwali yang telah direkomendasikan untuk tidak menaikkan dan menurunkan penumpang di luar terminal," terangnya.
 

Anggota Komisi B Bidang Ekonomi Sri Rahmi mengungkapkan tidak maksimalnya PD Terminal saat ini, lantaran manajemen perusahaan tidak berjalan dengan baik sehingga berdampak pada kontribusi terhadap PAD maupun pelayanan bagi pengguna terminal.
 

"Meski begitu, untuk pengambil alihan saya belum bisa banyak bicara, tetapi yang saya tekankan siapapun yang nantinya mengelola PD Terminal itu agar bisa memperbaiki manajemennya dan bisa menghidupkan kembali terminalnya,” kata Sri Rahmi.

Dia menambahkan jangan seperti yang saat ini terjadi yaitu terminal terlihat mati tanpa penghuni, pasalnya manajemen dan segala prasarana yang ada di terminal kurang memadai untuk digunakan oleh pengguna terminal. (K46) (Foto: ujungpandangekspres.co)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Amri Nur Rahmat

Editor : Wiwiek Dwi Endah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top