Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PREKONOMIAN JERMAN: Keyakinan Investor Naik Ke Level Tinggi

FRANKFURT—Keyakinan investor Jerman pada Januari 2013 naik hingga level tertinggi dalam 2,5 tahun terakhir, sehingga perekonomian terbesar di Eropa itu diperkirakan akan kembali menguat.ZEW Center untuk Riset Ekonomi Eropa di Mannheim pada Selasa

FRANKFURT—Keyakinan investor Jerman pada Januari 2013 naik hingga level tertinggi dalam 2,5 tahun terakhir, sehingga perekonomian terbesar di Eropa itu diperkirakan akan kembali menguat.

ZEW Center untuk Riset Ekonomi Eropa di Mannheim pada Selasa (22/1) menyampaikan indeks ekspektasi investor dan analis naik menjadi 31,5 dari 6,9 pada Desember 2012, level tertinggi sejak Mei 2010 dan kenaikan tertinggi dalam 11 bulan terakhir.

Indeks ini bertujuan untuk memprediksi perkembangan ekonomi dalam 6 bulan kedepan. Adapun berdasarkan estimasi nilai tengah 39 ekonom yang disurvei Bloomberg sebelumnya, indeks ini mencapai 12 pada Januari 2013.

Meskipun kantor statistik Jerman memprediksi perekonomian akan turun 0,5% pada kuartal terakhir 2012, Bundesbank pada Senin (21/1) mengatakan ada indikasi pemulihan ekonomi telah dimulai.
Indeks keyakinan bisnis telah menguat dalam 3 bulan berturut-turut dan industri jasa  Jerman kembali tumbuh.

“Hal ini memberikan alasan untuk optimistis. Sepertinya kita telah melewati kondisi terburuk dari krisis,” kata Jens Kramer, ekonom NordLB. (Bloomberg/if)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Newswires/Ahmad Puja Rahman Altiar

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper