Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PREKONOMIAN JERMAN: Keyakinan Investor Naik Ke Level Tinggi

FRANKFURT—Keyakinan investor Jerman pada Januari 2013 naik hingga level tertinggi dalam 2,5 tahun terakhir, sehingga perekonomian terbesar di Eropa itu diperkirakan akan kembali menguat.ZEW Center untuk Riset Ekonomi Eropa di Mannheim pada Selasa
News Editor
News Editor - Bisnis.com 23 Januari 2013  |  00:47 WIB

FRANKFURT—Keyakinan investor Jerman pada Januari 2013 naik hingga level tertinggi dalam 2,5 tahun terakhir, sehingga perekonomian terbesar di Eropa itu diperkirakan akan kembali menguat.

ZEW Center untuk Riset Ekonomi Eropa di Mannheim pada Selasa (22/1) menyampaikan indeks ekspektasi investor dan analis naik menjadi 31,5 dari 6,9 pada Desember 2012, level tertinggi sejak Mei 2010 dan kenaikan tertinggi dalam 11 bulan terakhir.

Indeks ini bertujuan untuk memprediksi perkembangan ekonomi dalam 6 bulan kedepan. Adapun berdasarkan estimasi nilai tengah 39 ekonom yang disurvei Bloomberg sebelumnya, indeks ini mencapai 12 pada Januari 2013.

Meskipun kantor statistik Jerman memprediksi perekonomian akan turun 0,5% pada kuartal terakhir 2012, Bundesbank pada Senin (21/1) mengatakan ada indikasi pemulihan ekonomi telah dimulai.
Indeks keyakinan bisnis telah menguat dalam 3 bulan berturut-turut dan industri jasa  Jerman kembali tumbuh.

“Hal ini memberikan alasan untuk optimistis. Sepertinya kita telah melewati kondisi terburuk dari krisis,” kata Jens Kramer, ekonom NordLB. (Bloomberg/if)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswires/Ahmad Puja Rahman Altiar

Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top