Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PEMBANGUNAN SULTENG: Wagub Minta Semua Aparat Melayani Maksimal

PALU--Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Sudarto meminta aparat pemerintah dapat melaksanakan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat baik sipil maupun kalangan masyarakat ekonomi, agar semua proses pembangunan berjalan dengan baik.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 22 Januari 2013  |  16:05 WIB

PALU--Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Sudarto meminta aparat pemerintah dapat melaksanakan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat baik sipil maupun kalangan masyarakat ekonomi, agar semua proses pembangunan berjalan dengan baik.

“Yang diperlukan saat ini disiplin. Jika tidak disiplin maka sulit untuk membangun pemerintahan yang baik. Misalnya, masyarakat sudah datang duluan justru pelayanannya malah terlambat, belum lagi tidak menghargai waktu tentunya akan memberikan dampak pada pelayanan,” kata Sudarto di sela-sela workshop tata kelola pemerintahan provinsi, Selasa (22/1/2013).

Advisor Partnership Abdul Malik Gismar mengatakan pihaknya melakukan pemeringkatan Tata Kelola Pemerintahan Provinsi di seluruh Indonesia termasuk di Sulteng. 

Hasil pemeringkatan tersebut akan dituangkan dalam Indeks Tatakelola Pemerintahan Indonesia atau lebih dikenal dengan Indonesia Governance Index (IGI).

Dalam rangka menyusun IGI, Partnership menerjunkan para penelitinya di 33 provinsi di seluruh Indonesia. 

“Kami bekerja mengumpulkan dan menganalisis data-data terkait dengan tata kelola pemerintahan seperti APBD, Perda, Statistik, Laporan BPK dan sebagainya.

Disamping itu kami juga mewawancarai para nara sumber yang kompeten (well informed person) yang mewakili pemerintah, birokrat, pengusaha dan masyarakat sipil.

Menurutnya, IGI merupakan model pengukuran kinerja tata kelola pemerintahan provinsi yang paling komprehensif.

Pengukuran dilakukan terhadap empat sektor (arena), yaitu pemerintah (government/political office), birokrasi (bureaucracy), masyarakat ekonomi (economic society) dan masyarakat sipil (civil society). 

Keempat sektor tersebut dinilai berdasarkan prinsip-prinsip good governance, seperti partisipasi, akuntabilitas, keadilan, transparansi, efisiensi, dan efektifitas. Melalui metodologi yang ketat, hasil penilaian dituangkan dalam suatu indeks yang memungkinkan perbandingan antar provinsi.

Sebelumnya, pihaknya sudah pernah dilakukan pemeringkatan tata kelola pemerintahan provinsi pada 2008.

Tiga provinsi terbaik hasil pemeringkatan PGI 2008 adalah DKI Jakarta (skor 6,5), Jawa Timur (skor 6,06) dan Sumatera Barat (skor 5,98). Sementara tiga provinsi terburuk yaitu Sumatera Utara (skor 3,55), Kalimantan Barat (skor 5,98) dan Maluku Utara (skor 4,29). (K46)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Mochammad Subarkah

Editor : Wiwiek Dwi Endah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top