Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MOTOR SPORT: Produk Yamaha Pimpin Pangsa Pasar 60%

DENPASAR-PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Direct Distribution Sales (DDS) Bali optimistis mampu memimpin pangsa pasar motor sport 60%, meskipun kompetitor mengeluarkan produk baru di kelas yang sama.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 20 Januari 2013  |  18:58 WIB

DENPASAR-PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) Direct Distribution Sales (DDS) Bali optimistis mampu memimpin pangsa pasar motor sport 60%, meskipun kompetitor mengeluarkan produk baru di kelas yang sama.

Chief DDS YMKI Bali Sudrajat Yonathan mengatakan keyakinan itu bukan tanpa alasan karena dengan dua produk motor sport andalannya yakni Byson dan V-ixion, Yamaha mampu merajai pangsa pasar yang saat ini diklaim mengalami tren peningkatan seiring dengan bertambahnya kelas menengah di Bali.

Kata dia hal ini terlihat pada indikator penjualan dari sebelumnya yang didominasi tipe motor bebek (moped) beralih pada tipe matik dan sebagian pada tipe motor sport. Berdasarkan data penjualan Yamaha di Bali, komposisi share dari tipe tercatat segmen matik sebesar 55%, disusul oleh segmen motor sport 25% dan moped sebesar 20%.

Terlebih dengan adanya generasi baru New V-ixion, Sudrajat makin yakin dapat meningkatkan performa penjualan Yamaha di kelas 150cc yang sebelumnya tertinggi di kisaran 700 unit sampai dengan 800 unit per bulan, kini ditargetkan menjadi 1.000 unit hingga 1.500 unit per bulan.

“Target kami cukup realistis jika melihat penjualan V-ixion sebelumnya dan dengan perubahan New V-ixion yang lebih canggih serta fitur penyesuaian yang diselaraskan dengan keinginan penggemar motor sport,” ungkapnya saat launching New V-ixion di kantor DDS Bali, Sabtu (19/1/2013).

Tidak hanya berhasil mencetak penjualan tertinggi di Bali, dari catatan YMKI secara nasional sejak V-ixion diluncurkan pada tahun 2007 lalu hingga tahun 2012 telah membukukan penjualan sebanyak 1.029.042 unit dan sekaligus memposisikan V-ixion sebagai raja motor sport di kelasnya.

Hasil itu diperoleh dari penjualan per tahunnya, yakni tahun 2007 sebanyak 28.260 unit, tahun 2008 terjual 104.916 unit, tahun 2009 terjual 195.990 unit, tahun 2010 sebesar 215.321 unit, tahun 2011 sebanyak 242.887 unit dan tahun 2012 lalu dari pencapaian Januari hingga November telah mencapai 302.898 unit.

Sementara itu, Abidin, General Manager (GM) Technical Service Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyebutkan dengan beberapa penambahan fitur serta aplikasi teknologi yang diterapkan pada New V-ixion pihaknya mengklaim lebih irit 11%, stabil dan akselerasinya lebih cepat.

“Alhasil dengan fitur baru New-V-ixion seperti pemasangan oxygen sensor, AC-DC dengan kontrol yang lebih terbuka, ukuran ban yang lebih lebar untuk memperoleh hambatan yang rendah dan settingan FI (Fuel Injection) yang baru dapat menghemat konsumsi bahan bakar minyak 11% lebih irit serta lebih cepat dari V-ixion sebelumnya,” ujarnya.

Selain fitur aplikasi, Abidin juga menambahkan juga terdapat fitur bodi baru yakni desain bodi yang mengadopsi konsep bentuk kilat (lightning) yang disesuaikan kecepatan akselerasinya. Hal ini tercermin dari lekukan bodi yang tajam dan lampu depan yang terkesan futuristik. Maka dari itu, pada V-ixion baru ini ditambahkan istilah New V-ixion Lightning.

Motor yang terinspirasi motor gede (moge) Yamaha YZF-R15 ini juga menerapkan tutup tangki yang sporty, lengan ayun yang lebih stabil, shock breaker yang lebih atraktif dan key shutter yang terintegrasi dengan fuel tank.

Yamaha menyediakan dua varian New V-ixion yaitu tanpa menggunakan kick starter yang penuh menggunakan sistem start elektrik dan varian lainnya dengan menggunakan kick starter. Untuk harga on the road (OTR) Bali New V-ixion di Bali dibandrol seharga Rp23.050.000 tanpa kick starter dan Rp23.250.000 dengan kick starter.(ems)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : I Komang Robby Patria

Editor : Ema Sukarelawanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top