Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TRIK INTERNET: Mencetak via Jaringan Kompuasi Awan Google CloudPrint

JAKARTA: Mencetak dokumen lewat jaringan mungkin bu kan hal yang luar biasa bagi banyak  orang. Namun pencetakan ini biasanya dilakukan pada satu tempat yang sama, seperti satu kantor atau satu rumah.

JAKARTA: Mencetak dokumen lewat jaringan mungkin bu kan hal yang luar biasa bagi banyak  orang. Namun pencetakan ini biasanya dilakukan pada satu tempat yang sama, seperti satu kantor atau satu rumah.

Bagaimana bila Anda ingin mencetak dari jarak jauh? Meskipun mungkin saja dilaku kan, biasanya ini setelan pencetakan seperti ini susah dilakukan.

CloudPrint merupakan salah sa tu cara mudah untuk melakukan pencetakan jarak jauh. Tekno logi yang masih berada dalam fase beta dari Google ini memungkinkan kita menyambungkan printer ke jaringan web sehingga dapat diakses dan digunakan untuk mencetak dokumen dari mana pun.

Syaratnya tentu saja kita harus ter hubung terlebih dahulu dengan jaringan web. Selain itu CloudPrint juga mensyaratkan kita sudah memiliki akun Google.

ENAMBAHKAN PRINTER

Berbagai printer yang dijual pada saat ini ada yang sudah mendukung CloudPrint. Printerseperti ini da pat langsung digunakan untuk pencetakan jarak jauh tanpa harus dihubungkanterlebih dahulu ke komputer pribadi (PC), dan karena itu lebih cocok digunakan untukpencetakan jarak jauh. Printer yang CloudPrintready ini mungkin perlu setelan tambahanterlebih dahulu.

Daftar printer yang sudah mendukung CloudPrint secara langsung ini dapat dilihat dilaman www.google.com/cloudprint/learn/printers. html.

Kita juga dapat menambahkan printer apa pun untuk pencetakan jarak jauh lewat CloudPrint.Syarat nya hanyalah komputer priba di yang sudah diinstal browser Chrome. Kita dapat menggunakan Windows, Mac OS atau Linux.

Printer ini disebut Google sebagai printer klasik. Untuk mempersiapkan printer klasik un tukCloudPrint pertama kali kita harus meng hu bungkan printer ke komputer yang akan menjadi“server”.

Printer ini dapat terhubung lewat jaringan lokal (local area network atau LAN) maupun langsung tertancap ke komputer, misalnya lewat port USB.

Selanjutnya bukalah Settings, lalu buka Advanced Settings dan pada bagian Google Cloud Print klik “Add Printer”. Ini akan membuka laman Google yang meminta Anda untuk menambahkan printer yang terhubung ke komputer Anda. Setelah selesai printer tersebut dapat digunakan untuk pencetakan jarak jauh.

CETAK DOKUMEN

Setelah mempersiapkan printer untuk CloudPrint kita dapat mencetak dokumen denganberbagai cara, lewat Google Drive atau Google Chrome di komputer pribadi dan lewat perantilain seperti ponsel dan tablet (Android dan iOS).

Untuk mencetak jarak jauh dari Google Drive misalnya, ketika membuka suatu dokumenkita tinggal memilih untuk mencetak ke CloudPrint. Pilihan ini akan tersedia bila Andasudah mengaktifkan CloudPrint dan menghubungkannya dengan akun Google Anda. Sementaraitu ketika mencetak dari Google Chrome akan tersedia juga pilihan untuk mencetak ke CloudPrint, selain ke printer lokal.

Kita juga dapat mengunggah dokumen ke situs web CloudPrint di http://www.google.com/cloudprint.

Yang lebih keren sebenarnya adalah kemam puan untuk berbagi printer. Pencetak yang sudah Anda setel agar dapat digunakan dari jarak jauh itu bisa dimanfaatkan juga oleh pasangan, sahabat atau rekan Anda.

Untuk menambahkan orang lain Anda bisa menambahkannya di laman

https://www.google.com/cloudprint#printers ,  dan mengklik tombol Berbagi atau sharing. Masukkan alamat surel Google teman-teman Anda di sini.

Mereka harus mengkonfi rmasi undangan Anda terlebih dahulu untuk dapat mencetak di printer Anda.

Setelah selesai berbagi, teman Anda akan menemukan printer Anda sebagai pilihan barudi aplikasi yang mendukung CloudPrint, seperti Google Chrome dan Google Drive atau situsCloudPrint itu sendiri.

Dengan berbagi printer kita dapat mengirim dokumen tidak hanya dalam bentuk elektronik,tapi juga langsung dalam bentuk cetak. Sebagai contoh, bila kita ingin mengirim foto ke temanatau keluarga, CloudPrint ini dapat mengirimkan fi le langsung ke printer foto. Dengan carayang sama, kita juga dapat mencetak langsung dokumen yang hendak kita bagi di printer rekankerja, bila dia menginginkannya. (sut)

*) Anda dapat meniikmati versi koran digital artikel ini di epaper.bisnis.com dengan link http://epaper.bisnis.com/index.php/ePreview?IdCateg=201212295715#

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Sutarno
Sumber : Gombang Nan Cengka

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper