Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PHRI TANA TORAJA Minta Pemprov Sulsel Agresif Manfaatkan Bandara Pongtiku

TANA TORAJA, Sulsel--Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Tana Toraja meminta Pemprov Sulsel lebih agresif dalam pemanfaatan Bandara Pongtiku untuk menggenjot angka kunjungan wisatawan ke Tana Toraja.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 28 Desember 2012  |  12:30 WIB

TANA TORAJA, Sulsel--Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Tana Toraja meminta Pemprov Sulsel lebih agresif dalam pemanfaatan Bandara Pongtiku untuk menggenjot angka kunjungan wisatawan ke Tana Toraja.

Sekretaris PHRI Tana Toraja Saul Angi mengatakan pemanfaatan Bandara Pongtiku seharusnya menjadi salah satu prioritas pemerintah, untuk mempermudah akses menuju Toraja dan mendukung pertumbuhan kunjungan wisatawan.

"Memang saat ini, sudah ada pembangunan bandara di Mengkendek yang kapasitasnya jauh lebih besar dari Pongtiku. Tapi, itu masih under construction yang kemungkinan baru beroperasi pada 2015, sehingga pemanfaatn Bandara Pongtiku harusnya menjadi  prioritas dengan lebih agresif menarik maskapai penerbangan untuk direct ke sini," terang Saul, Jumat (28/12/2012). 

Menurutnya, sejak akhir semester I 2012 tidak ada lagi aktivitas penerbangan komersial yang dilakukan maskapai sehingga calon wisatawan terpaksa menempuh jalur darat yang memakan waktu hingga 8 jam dari Kota Makassar. 

Kendati masih berfungsi, Bandara Pongtiku hanya dimanfaatkan untuk pendaratan pesawat carteran yang rerata mendarat dua kali dalam sebulan. 

"Padahal jika lewat udara, jarak tempuh Makassar-Toraja hanya memakan waktu 45 menit. Ini yang dilupakan Pemprov Sulsel, yang menjadikan Toraja sebagai destinasi wisata utama Sulsel," ujarnya. 

Apalagi, lanjutnya, runway Bandara Pongtiku sepanjang 1.200 meter bisa digunakan untuk jenis pesawat berbadan kecil dan sedang khususnya untuk rute domestik. (K46) (Foto: visit-tanatoraja.org)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Amri Nur Rahmat

Editor : Yanita Petriella

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top