Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INDUSTRI ASURANSI: Aviva Plc jual unit di AS kepada Apollo Global US$1,55 miliar

LONDON-- Aviva Plc akhirnya menjual unit usaha asuransi jiwa yang beroperasional di Amerika Serikat kepada Apollo Global Management LLC senilai US$1,55 miliar.Chairman Aviva John McFarlane mengatakan penjualan unit usaha di benua Amerika ini bertujuan

LONDON-- Aviva Plc akhirnya menjual unit usaha asuransi jiwa yang beroperasional di Amerika Serikat kepada Apollo Global Management LLC senilai US$1,55 miliar.Chairman Aviva John McFarlane mengatakan penjualan unit usaha di benua Amerika ini bertujuan meningkatkan kekuatan finansial perseroan. Keputusan tersebut merupakan langkah strategis perseroan untuk merealisasikan sejumlah strategi yang disusun."Penjualan unit usaha tersebut diyakini akan memperkuat posisi finansial Aviva, meningkatkan likuiditas dan permodalan, serta mengurangi volatilitas" ungkap McFarlane.Harga penjualan unit usaha di AS mengalami penurunan dibandingkan dengan harga penawaran awal pada Juni lalu, yakni 2,4 juta pound sterling atau setara US$3,9 miliar.McFarlane memang berencana melepas 16 anak usaha Aviva yang bernilai total 6 juta pound sterling guna menyiasati dampak krisis keuangan global. Bisnis asuransi Aviva cukup terguncang krisis karena sekitar 40% perolehan premi asuransi jiwa bersumber dari wilayah yang terkena krisis ekonomi di Eropa.Adapun, Apollo merupakan perusahaan asuransi asal New York, AS yang juga menggeluti bisnis produk anuitas untuk para pensiunan. Oktober lalu, perseroan memiliki aset senilai US$800 juta yang berasal dari hasil dana kelolaan.Sebelumnya, Aviva juga menjual unit usaha asuransi jiwa patungan Aseval yang beroperasional di Spanyol. Kepemilikan saham beralih kepada Bankia SA dengan harga jual US$803 juta. (Foto:telegraph.co.uk) (Bloomberg/edw/msb) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper