Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KREDIT USAHA KECIL: Peluang besar, PNM incar nasabah di Pekanbaru

JAKARTA: Besarnya peluang pembiayaan bagi usaha mikro kecil dan menengah di Pekanbaru, Riau mendorong PT Permodalan Nasional Madani memperluas ekspansi ke kota tersebutPresiden Direktur PNM Parman Nataatmadja mengatakan wilayah Pekanbaru memiliki potensi

JAKARTA: Besarnya peluang pembiayaan bagi usaha mikro kecil dan menengah di Pekanbaru, Riau mendorong PT Permodalan Nasional Madani memperluas ekspansi ke kota tersebutPresiden Direktur PNM Parman Nataatmadja mengatakan wilayah Pekanbaru memiliki potensi sumber daya alam yang besar, terutama di sektor perkebunan. Hal tersebut mendorong sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM)  di daerah tersebut terus tumbuh dan berkembang.“PNM pun akan hadir di Pekan baru dan siap ekspansi bisnis pengembangan UMKM ke depan,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Minggu (16/12).Parman menjelaskan PNM cabang Pekan Baru telah beroperasi sejak Maret 2009 lalu dan memiliki pertumbuhan kinerja yang positif yang ditopang layanan ULaMM (Unit Layanan Modal Mikro). Hingga akhir November 2012, PNM telah menyalurkan pembiayaan mikro melalui ULaMM sebesar Rp164 miliar dengan jumlah debitur sebanyak 3.273 orang.Pertumbuhan tersebut juga diiringi capaian kualitas pembiayaan yang baik yang tercermin dari tingkat kredit bermasalah atau NPL PNM Cabang Pekanbaru di bawah 2%. Hal itu disebabkan jasa pembiayaan PNM dikombinasikan dengan adanya program pelatihan dan pengembangan kapasitas usaha (PKU) kepada nasabahnya.“Hal ini menunjukkan selain prospek pertumbuhan yang tinggi, potensi sektor usaha mikro masih sangat besar. Karena itu, pada tahun depan kita akan membuka beberapa kantor unit baru di wilayah ini,” ujar Parman.Pemimpin Cabang PNM Pekanbaru Ramon Agustus menjelaskan pada tahun depan PNM Cabang Pekanbaru akan menambah 4 unit  baru di 4 Kabupaten, yaitu ULaMM Belilas, ULaMM UKUI, ULaMM Flamboyan, ULaMM Teluk Kuantan, serta satu kantor Klaster di Air Molek.“Penambahan unit-unit baru ini akan lebih memacu kinerja pembiayaan maupun bisa menjangkau lebih luas para pelaku UMKM di Pekanbaru,” tuturnya.Hingga saat ini, PNM Cabang Pekanbaru ditopang oleh dua klaster, yaitu Klaster Panam dan Klaster Duri, serta 12 kantor unit ULaMM, yaitu Unit Panam, Unit Kodim, Unit Bangkinang, Unit Ujung Batu, Unit Air Molek, Unit Kerinci, Unit Duri, Unit Dumai, Unit Bagan Batu, Unit Ujung Tanjung, Unit Perawang, dan Unit Kandis.Parman menambahkan, langkah ekspansi di Pekanbaru ini merupakan bagian dari rencana PNM yang akan menambah sebanyak 100 unit baru pada tahun depan. Ini untuk memperkuat penetrasi jaringan layanan PNM di seluruh Indonesia.Dengan bertambahnya jaringan tersebut, PNM optimistas mencapai penyaluran pembiayaan ke sektor usaha mikro kecil (UMK) melalui ULaMM mencapai Rp3,3 triliun. “Kita menargetkan pembiayaan tumbuh minimal 25 persen per tahun,” jelas Parman. (arh)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Donald Banjarnahor

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper