Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SUZUKI: Genjot Layanan Purna Jual, Kejar Target 430.000 Unit

DENPASAR- Suzuki roda dua memperkuat layanan purna jual melalui layanan lokalisasi suku cadang membenahi kualitas servis untuk mendukung target penjualan 430.000 unit tahun ini,.

DENPASAR- Suzuki roda dua memperkuat layanan purna jual melalui layanan lokalisasi suku cadang membenahi kualitas servis untuk mendukung target penjualan 430.000 unit tahun ini,.

Kazumasa Watanabe, Managing Director &Marketing 2 Wheel PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), menuturkan saat ini konsumen banyak beranggapan harga suku cadang sepeda motor Suzuki mahal dan demikian juga untuk melakukan servis.

Pada bulan ini Suzuki meluncurkan program 48 jam atau gratis dan Mega Service Campaign.

“Program ini sedianya untuk kecepatan dan ketepatan masalah pada kendaraan, ketersediaan suku cadang dan kecepatan pengadaannya,” katanya saat kegiatan Suzuki Island Day, MInggu (16/12/2012).

Kata dia untuk memperkuat layanan purna jual, Suzuki juga akan meningkatkan lokalisasi komponen untuk mencapai pada kisaran 80% sehingga harganya dapat ditekan lebih murah. Selain itu, Suzuki juga akan meningkatkan kualitas pelayanan servis.

Saat ini dengan pencapaian di posisi ketiga dari semua merk, Suzuki roda dua di Indonesia meraih perolehan share sebesar 6%. Tahun ini melalui target penjualan yang dibidik sebesar 430.000 unit, kontribusi penjualan Suzuki roda dua masih ditopang dari produk Satria FU, Skutik dan bebek dengan komposisi masing-masing 60%, 20% dan 20%.

Mengenai penjualan tahun 2013 mendatang Kazumasa optimistis walau pasar sepeda motor secara keseluruhan penjualan dinilai masih berada perkiraan tahun ini sebesar 7,2 juta unit, Suzuki akan meraih peningkatan penjualan 20% hingga 30% dari pencapaian tahun ini.

Hal ini, kata dia, karena dengan adanya regulasi Bank Indonesia (BI) yang memberlakukan batasan uang muka (down payment/DP) sebesar 20% pada tahun depan setidaknya akan meratakan persaingan dengan kompetitor yang sebelumnya mengandalkan lembaga leasing syariah sebagai alternatif adanya aturan batasan minimal DP sebesar 20% bagi lembaga leasing umum yang diberlakukan sejak Juli 2012.

“Dengan adanya pemberlakukan aturan DP kepada lembaga Syariah tahun depan, kompetisi penjualan roda dua terkesan lebih fair,” katanyanya.

Service & Outboard Assistant to Section Head 2 Wheel Sales Hariadi mengungkapkan selain mega service campaign, pada kesempatan ini Suzuki juga melakukan peluncuran pertama kalinya program 48 jam atau gratis yang dimaksudkan untuk jaminan ketersediaan suku cadang.

Selain itu, untuk menghindari kesan mahalnya suku cadang, Suzuki juga telah merilis akses jaringan eparts.suzuki.co.id untuk mengetahui harga standar komponen dari Suzuki.

Melalui kampanye servis ini, Suzuki juga memberikan diskon 25% dari pembelian komponen suku cadang asli Suzuki setelah dilakukan 26 item pengecekan komponen yang kemudian direkomendasikan untuk penggantian suku cadang.

“Melalui program ini, ke depan pelayanan servis dan penjualan suku cadang dapat meningkat 30%,” ujarnya.

Sementara itu disamping roda dua, Suzuki juga melaksanakan program servis untuk Outboard Engine dari semua tipe mesin dari mulai (DF 200, DF 250, DF 300) yang dilaksanakan pada dua titik yaitu di pelabuhan Padang Bai, Klungkung dan Pantai Serangan, Denpasar.(ems)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Muhammad Khamdi
Sumber : I Komang Robby Patria

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper