PASAR MOGE: Makin Prospektif, Sejumlah ATPM Agendakan Peluncuran Produk Tahun Depan

JAKARTA: Potensi pasar motor gede di Indonesia cukup prospektif pada 2013, seiring dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang cukup stabil dan banyak penggemar motor super premium  merencanakan upgrade kendaraan.
Sekretariat Redaksi
Sekretariat Redaksi - Bisnis.com 12 Desember 2012  |  19:56 WIB

JAKARTA: Potensi pasar motor gede di Indonesia cukup prospektif pada 2013, seiring dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang cukup stabil dan banyak penggemar motor super premium  merencanakan upgrade kendaraan.

Para agen tunggal pemegang merek motor gede (moge) seperti Harley Davidson, Triumph, BMW, Ducati dan Victory telah mengagendakan peluncuran produk terbaru untuk mendongkrak penjualan dan menjaga loyalitas konsumennya di Tanah Air.

Rudy Soegono, President Director PT Global Motorcycle Trading, agen tunggal pemegang merek Triumph di Indonesia, mengatakan pasar moge memang masih dipimpin oleh Harley Davidson yang sudah melegenda, namun permintaan terhadap moge merek lain juga semakin tinggi.

"Kami melihat pasar motor besar pada tahun depan cukup prospektif dengan pemimpinnya Harley Davidson, kemudian Triumph dan merek-merek lain berada pada posisi sejajar sebagai pelengkap yang permintaan pasarnya juga tinggi," katanya saat peresmian diler Triumph di Jakarta, Rabu (12/12/2012).

Menurutnya, posisi Triumph dan sepeda motor super premium lainnya seperti Victory dan Ducati itu relatif sejajar, dan berperan untuk memberikan alternatif pilihan bagi pembeli dan para pecinta moge di Tanah Air.

Dia mengatakan respons pasar yang cukup positif terhadap moge terlihat dari pembelian Triumph selama prelauching diler mencapai 50 unit dengan tipe yang berbeda, serta pemesanan untuk Januari 2013 sebanyak 20 unit setelah peluncurannya di Indonesia pada Desember 2012.

Namun, lanjutnya, permintaan pasar domestik yang cukup besar itu tidak membuat perusahaan menjadi agresif menetapkan target penjualan tinggi, melainkan lebih bersikap konserfatif dengan hanya menarketkan penjualan sekitar 150 unit pada 2013.

Untuk itu, ujarnya, PT Global Motorcycle Trading telah menyiapkan sejumlah tipe dari keluarga Triumph yang akan dipasarkan secara off the road dengan kisaran harga Rp240 juta sampai dengan Rp445 juta per unit melalui dilernya yang melayani sales, services dan spare part.

Rudy menjelaskan sebagai authorized subdistributor Triumph di Indonesia menghadirkan sejumlah tipe Triumph seperti Boneville T-100 seharga off the road Rp240 juta, Daytona Rp300 juta, Speed Triple R ABS Rp395 juta dan tipe Rocket III Roadster sebesar Rp445 juta per unit.

Jusuf Nathan, Managing Director PT Arya Motor Indonesia, agen tunggal pemegang merek moge Victory, mengatakan tengah memproses kedatangan sejumlah tipe keluarga Victory langsung dari pabriknya di Amerika Serikat, termasuk motor klasik yang legendaris merek Indiana.

"Para penggemar moge cukup antusias menunggu kedatangan tipe baru dari Victory maupun moge legendaris Indiana yang sekarang sedang dalam proses impornya dengan pihak prinsipal di AS," ujarnya.

Menurutnya, guna mengantisipasi peningkatan permintaan pasar moge pada 2013, pihaknya tengah menyelesaikan pembangunan showroom Victory dan Indiana berlantai 6 di Jakarta dengan fasilitas layanan penjualan, perawatan dan suku cadang yang menelan dana sekitar Rp40 miliar.

Selain itu, lanjutnya, PT Arya Motor Indonesia juga menyiapkan sejumlah diler di 5 wilayah Jakarat, Bali, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makasar yang direncakan sudah beroperasi mulai awal tahun depan. (bas)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Aang Ananda Suherman

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top