BENCANA BOPHA FILIPINA: Pemerintah RI Serahkan Bantuan US$1Juta

JAKARTA-Pemerintah melalui Panglima TNI akan menyerahkan bantuan dana kemanusiaan sekitar US$1 juta untuk korban bencana siklon Bopha atau Pablo di Filipina pada hari ini (10/12).
Jessica Nova | 10 Desember 2012 09:17 WIB

JAKARTA-Pemerintah melalui Panglima TNI akan menyerahkan bantuan dana kemanusiaan sekitar US$1 juta untuk korban bencana siklon Bopha atau Pablo di Filipina pada hari ini (10/12).

Bantuan tersebut akan diserahkan langsung kepada Pemerintah Filipina di Manila saat ditandatanganinya memorandum of understanding (MoU) kerja sama militer antara TNI dan tentara Filipina.

Menurut Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dana bantuan kemanusiaan itu bersumber dari dana siap pakai penanggulangan bencana badan nasional ini.

“Bantuan tersebut sebagai bentuk rasa solidaritas sesama negara Asean dan untuk membantu Pemerintah Filipina yang hingga kini masih kesulitan dalam menangani dampak bencana,” katanya dalam keterangan pers pagi ini.

Beberapa negara, seperti Malaysia, Australia, Selandia Baru, Korea Selatan, Kanada, dan Amerika Serikat juga menyampaikan komitmen untuk memberikan bantuan kemanusiaan.

Kebutuhan barang yang diperlukan adalah makanan siap saji, pakaian anak, selimut, senter, baterai, terpal, tikar, generator, air bersih, dan air minum.

Sampai dengan saat ini, penanganan darurat masih dilakukan pemerintah setempat dengan tercatat ada sekitar 540 orang meninggal, 383 orang hilang, 28.587 rumah rusak, dan lebih dari 5,3 juta jiwa yang terdampak langsung.

Ada lebih dari 306.000 orang berada di tempat pengungsian dan diperkirakan untuk sementara nilai kerusakan infrastruktur dan sektor pertanian mencapai sekitar US$100 juta. (ilustrasi: gdacs.org/yus) 

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : David Eka Issetiabudi

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup