BISNIS PROPERTI: MGM akan operasikan condotel syariah di Semarang

SEMARANG – PT Metropolitan Golden Management (MGM) akan mengelola condotel syariah pertama di Indonesia menyusul disepakatinya kerjasama antara operator Horison Group itu dengan PT Tripanduri Sekawan sebagai pengembang Aziza Condotel Semarang.
News Editor | 09 Desember 2012 20:13 WIB

SEMARANG – PT Metropolitan Golden Management (MGM) akan mengelola condotel syariah pertama di Indonesia menyusul disepakatinya kerjasama antara operator Horison Group itu dengan PT Tripanduri Sekawan sebagai pengembang Aziza Condotel Semarang.

“Aziza Condotel Semarang adalah kondominium hotel yang berkonsep syariah pertama di Indonesia, karena menggunakan konsep bagi hasil roomrate,” ujar Direktur Operasional Metropolitan Golden Management (MGM) Basari Bachri, Minggu (09/12).

Dia mengatakan banyak condotel yang dibuat secara tertutup dengan sistem bagi hasil dari keuntungan bersih, sehingga banyak biaya-biaya yang dibuat dengan tidak benar atau pun digelembungkan, sehingga investor merasa dirugikan.

“Di Aziza Condotel Semarang, sistem bagi hasilnya menganut sistem bagi hasil dari roomrate. Sistem ini lebih terbuka dan jujur terhadap investor,” tuturnya.

Menurutnya Aziza Condotel Semarang akan menjadi salah satu dari delapan condotel yang dioperasikan oleh MGM di sejumlah wilayah, seperti di Bali dan Batu Malang, Jawa Timur.

“Hingga 2015 kami menargetkan mampu mengelola 60 hotel dari kondisi tahun ini sebanyak 16 hotel yang tersebar di sejumlah daerah di Indonesia,” ujarnya.

Dia mengatakan saat ini rata-rata okupansi atau tingkat hunian hotel yang dikelola oleh MGM di sejumlah daerah, seperti di Bogor, Bekasi, Bandung, Cilacap, Purwokerto, Solo, Semarang, Bali, Yogyakarta dan lainnya mencapai pada kisaran 78%.

Direktur Utama PT Tripanduri Sekawan Panji Weskantio mengatakan Aziza Condotel terdiri dari 140 unit kamar, setinggi 10 lantai, dengan luas bangunan 7.000m2 yang berdiri di atas lahan 1.500 m2,  terletak di Jalan Piere Tendean No.28 Semarang.

Menurutnya Aziza Condotel Semarang akan dioperasikan MGM sebagai hotel bintang 2+. Saat ini unitnya telah mulai dipasarkan dengan harga mulai Rp600 jutaan.

“Sistem bagi hasil di Aziza Condotel Semarang menganut sistem bagi hasil roomrate, dan penghitungan yang transparan. Investor akan mendapatkan Ijaroh atau imbalan yang harus diterima seseorang atas jasa yang diberikannnya, dalam perjanjian sewa-menyewa secara Islami, sebesar 9% per tahun selama 3 tahun, setelah itu bagi hasil roomrate,” tuturnya.

Keuntungan lainnnya, lanjutnya investor akan mendapatkan kesempatan menginap di seluruh jaringan Horison Group, seperti @HOM, RedDot, Ultima, dan lainnya yang tersebar di Indonesia.  (k39/dot)

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Puput Ady Sukarno

Editor : Reporter 1

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup