Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PILKADA LEBAK: Anggaran disepakati Rp21 miliar

LEBAK: Dana pemilu kepala daerah Kabupaten Lebak, Banten, yang digelar 29 Agustus 2013 dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Lebak sebesar Rp21 miliar.Kami menjamin dana Pemilu kepala daerah (Pilkada) sebesar Rp21

LEBAK: Dana pemilu kepala daerah Kabupaten Lebak, Banten, yang digelar 29 Agustus 2013 dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Lebak sebesar Rp21 miliar."Kami menjamin dana Pemilu kepala daerah (Pilkada) sebesar Rp21 miliar mencukupi," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lebak Agus Sutisna di Rangkasbitung, Sabtu.Menurut dia, dipastikan dana sebesar Rp21 miliar mencukupi untuk pelaksanaan Pilkada, seperti membeli kebutuhan peralatan, sarana dan prasarana.Selain itu juga honor petugas panitia pelaksana pemungutan suara di tingkat desa. "Kami bisa tidak bisa dana Pilkada itu harus mencukupinya," katanya.Ia mengatakan, diperkirakan dana Pilkada Lebak sebesar Rp21 miliar hanya satu kali putaran. Namun, kata dia, jika terjadi putaran kedua tentu harus mengusulkan kembali anggaran tersebut.Karena itu, pihaknya berharap Pilkada Lebak yang akan digelar Agutus 2013 satu kali putaran. Sebab pengalaman Pilkada 2008 hanya satu kali putaran yang dimenangkan Mulyadi Jayabaya-Amir Hamzah."Jika Pilkada satu kali putaran tentu biaya tidak begitu besar," katanya.Ia menjelaskan pihaknya saat ini sedang menyelenggarakan kegiatan konsultasi publik kepada masyarakat tentang penjelasan tahapan-tahapan Pilkada.Kegiatan konsultasi publik tersebut bertujuan merespon aspirasi dan keinginan masyarakat, baik persiapan awal hingga pelaksanaan jadwal Pilkada.Kemungkinan persiapan awal dilaksanakan Februari dengan membentuk petugas pengawas Pilkada. Tahapan berikutnya calon-calon kepala daerah Bupati dan Wakil Bupati yang diusung oleh partai maupun indenpenden.Sedangkan, pelaksanaan launching Pilkada dipastikan Maret 2013. "Kita terus menyosialisasikan Pilkada agar masyarakat bisa menggunakan hak suaranya pada Pilkada Lebak," katanya.Ia menyebutkan, diperkirakan partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya relatif tinggi. Pengalaman Pilkada tahun lalu mencapai di atas 70 persen dari jumlah daftar pemilihan tetap (DPT)."Kami menargetkan pada Pilkada Lebak nanti bisa mencapai di atas 80%," katanya.Sementara itu, sejumlah masyarakat Kabupaten Lebak mengharapkan calon-calon Bupati dan Wakil Bupati mendatang bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.Sejauh ini tingkat kemiskinan dan pengangguran relatif tinggi, sehingga menjadikan tantangan bagi kepala daerah terpilih."Kita berharap pemimpin Lebak ke depan harus memiliki intelektualitas, kapabilitas, integritas, cinta Tanah Air, bersikap tegas, adil dan sederhana," kata Bahtiar, seorang mahasiswa di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak. (Antara/Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper