PENJUALAN MOBIL: Fantastis, Berhasil Cetak Rekor 1 Juta Unit

JAKARTA – Setelah melalui berbagai tantangan berat sepanjang tahun ini, pasar mobil berhasil menciptakan rekor baru 1 juta unit atau yang tertinggi sepanjang sejarah industri otomotif di Tanah Air.
Adi Purdiyanto | 04 Desember 2012 15:57 WIB

JAKARTA – Setelah melalui berbagai tantangan berat sepanjang tahun ini, pasar mobil berhasil menciptakan rekor baru 1 juta unit atau yang tertinggi sepanjang sejarah industri otomotif di Tanah Air.

Rekor baru ini tercipta lebih awal dari prediksi para analis dan pelaku industri otomotif yang memproyeksikan pasar mobil baru akan mencapai penjualan 1 juta unit pada tahun depan.

Data sementara Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memperlihatkan penjualan mobil sepanjang Januari-November tahun ini mencapai 1,02 juta unit, naik 26,1% dibandingkan periode yang sama 2011 yakni sebanyak 813.855 unit.

Adapun, data penjualan sementara pada bulan lalu meningkat 53,4% dari 813.855 unit pada November tahun lalu menjadi 103.783 unit yang disebabkan banjir baesar di Thailand pada akhir tahun lalu mengganggu pasokan mobil impor dari negara tersebut.

Namun, apabila dibandingkan dengan pencapaian pada Oktober yakni sebanyak 106.807 unit, penjualan pada bulan lalu turun tipis sekitar 3% yang menandakan permintaan konsumen masih tinggi.

“Tren penurunan ini memang biasa terjadi di akhir tahun. Namun, kalau dilihat besarnya penurunan dari Oktober ke November, kondisi pasar masih sangat bagus,” ungkap Jongkie D. Sugiarto, Ketua I Gaikindo, Selasa (4/12).

Menurut Jongkie, penurunan penjualan ini kemungkinan terjadi karena penundaan pembelian oleh konsumen hingga awal tahun agar surat mobil yang mereka beli nantinya tercatat sebagai produk keluaran 2013.

Kenaikan penjualan, lanjutnya, kemungkinan didorong oleh promo besar-besaran yang dilakukan oleh sejumlah agen tunggal pemegang merek (ATPM) seperti pemotongan harga dan penurunan besaran bunga kredit.

“Mungkin memang masyarakat berbondong-bondong membeli karena biasanya di akhir tahun ada cuci gudang,” tandasnya. (if) 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Wan Ulfa Nur Zuhra

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top