Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TOL JEPANG: Central Nippon Kembangkan Rest Area

TOKYO--Central Nippon Expressway Company Limited, perusahaan pengembang dan operator jalan tol di Jepang, terus mengembangkan rest area dengan konsep baru untuk memperkuat bisnis.Rest area atau tempat istirahat dan pelayanan datang dua nama anyar, Expasa

TOKYO--Central Nippon Expressway Company Limited, perusahaan pengembang dan operator jalan tol di Jepang, terus mengembangkan rest area dengan konsep baru untuk memperkuat bisnis.Rest area atau tempat istirahat dan pelayanan datang dua nama anyar, Expasa dan Neopasa. Beragam fasilitas, mulai dari pertokoan, rumah makan, hingga taman untuk anjing ditawarkan untuk memanjakan pengunjung.Oka Toshiyuki, anggota dari tim bisnis internasional Central Nippon Expressway Company Limited  (Nexco-Central), mengatakan tempat istirahat ini menjadi salah satu strategi untuk mendongkrak jumlah pengguna jalan tol. Nexco-Central misalnya menyediakan akses khusus bagi pengunjung yang tidak melalui jalan tol. Para pengunjung rest area ini diharapkan tergerak untuk juga menggunakan akses jalan tol.Toshiyuki mendampingi perjalanan 15 jurnalis dari berbagai negara di Asia dan Afrika untuk melintasi Tomei Expressway dan Shin Tomei Expressway, hari ini (4/12/2012).Pertemuan ini atas undangan dari Japan International Cooperation Agency (JICA).Sejak pemerintah Jepang melakukan privatisasi jalan tol pada Oktober 2005, perusahaan pengembang dan operator dituntut untuk menciptakan model bisnis baru yang mampu mendatangkan pendapatan. Nexco Central mencetak pendapatan untuk tahun buku yang berakhir pada 31 Maret 2012 sebesar 544,5 miliar yen (US$6,8 miliar), tumbuh 23,13% dibandingkan dengan periode tahun buku pada 31 Maret 2011.Adapun total pendapatan dari bisnis tempat istirahat dan pelayanan naik tipis 1,2% menjadi 161 miliar yen (US$2 miliar). Di tahun buku yang berakhir pada 31 Maret 2011, pendapatan dari bisnis rest area mencapai 159 miliar yen IUS$1,9 miliar). Pendapatan ini berasal dari penyewaaan pertokoan dan restoran di tempat istirahat. Perusahaan kini mengoperasikan 178 tempat istirahat dan layanan.Untuk melayani pengunjung, tiap-tiap rest area memiliki concierge, layaknya layanan pada hotel. Dua petugas perempuan akan membantu pengunjung untuk memberikan informasi, seperti fasilitas yang ada di tempat istirahat, informasi trafik, dan tempat-tempat menarik yang dapat dikunjungi di sekitar rest area.Kebersihan tempat istirahat sangat terjaga. Lantai terlihat bersih dan tidak ada sampah yang berserakan. Selain itu, fasilitas kamar mandi juga bersih dan wangi.Tidak hanya fokus kepada segmen komersial, seperti penyewaan gerai untuk supermarket dan restoran, Nexco-Central juga memperhatikan manajemen bencana di rest area. Di Neopasa Surugawan-Numazu, prefektur Shizuoka misalnya. Lokasi tempat istirahat seluas 116.000 m2 ini berdekatan dengan teluk Suruga, yang berdasarkan kajian akademis, potensial terkena tsunami."Lokasinya sengaja dibuat lebih tinggi agar dapat menjadi tempat evakuasi bagi para penduduk jika bencana datang," ujar Toshiyuki. (if) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper