Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KRISIS EROPA: Penggangguran makin banyak di zona euro

ATHENA: Tingkat pengangguran zona euro naik hingga rekor tertinggi pada Oktober 2012 karena krisis fiskal dan kebijakan pengetatan anggaran yang semakin menekan perekonomian.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 30 November 2012  |  23:05 WIB

ATHENA: Tingkat pengangguran zona euro naik hingga rekor tertinggi pada Oktober 2012 karena krisis fiskal dan kebijakan pengetatan anggaran yang semakin menekan perekonomian.

Kantor Statistik Uni Eropa (UE) di Luksemburg pada hari ini (30/11) melaporkan tingkat pengangguran di 17 negara pengguna euro itu naik ke 11,7% dari 11,6% pada September 2012.

Tingkat pengangguran pada bulan ini merupakan yang tertinggi sejak 1995 dan sesuai dengan estimasi nilai tengah 34 ekonom  yang disurvei Bloomberg. Sementara itu, tingkat inflasi dilaporkan turun ke level 2,2% pada November, terendah dalam hampir 2 tahun terakhir.

Perekonomian zona euro turun dalam dua kuartal berturut-turut, sehingga mendesak perusahaan-perusahaan memangkas biaya. Sebanyak 25 ekonom yang disurvei Bloomberg memproyeksikan ekonomi zona euro kembali turun 0,3% pada kuartal terakhir tahun ini.

Organisasi Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) pekan ini memproyeksikan penurunan ekonomi zona euro sebesar 0,4% untuk tahun ini dan turun 0,1% pada tahun depan.

“Trennya masih naik bertahap sebelum kita dapat berharap akan adanya stabilisasi pada paruh kedua tahun depan. Tingkat pengangguran akan naik lagi tahun depan,” kata Frederil Ducrozet, ekonom senior Credit Agricole di Paris.

Sebanyak 18,7 juta orang menganggur di zona euro pada Oktober, naik 173.000 orang dari bulan sebelumnya, sedangkan tingkat pengangguran remaja mencapai 23,9%. Spanyol mencatatkan tingkat pengangguran remaja tertinggi, yakni 55,9%.

Tingkat pengangguran tertinggi di zona euro masih dicatatkan oleh Spanyol, yakni 26,2%. Tingkat pengangguran Portugis mencapai 16,3%, Irlandia sebesar 14,7%, Prancis sebesar 10,7%, sedangkan Austria mencatatkan tingkat pengangguran terendah, yakni 4,3%.

Tingkat pengangguran di Yunani tercatat sebesar 25,4% pada Agustus 2012, sedangkan tingkat pengangguran remaja mencapai 58%, tertinggi di Uni Eropa. Perekonomian Yunani telah tenggelam dalam jurangan resesi dalam 5 tahun terakhir.

Pekan ini, para menteri keuangan zona euro telah menyepakati pengucuran dana bantuan tambahan untuk Yunani guna menghindar dari ancaman keluarnya biang keladi krisis utang itu dari zona euro.

Memburuknya perekonomian Eropa membuat pemerintah negara-negara di wilayah itu mengenakan pemangkasan anggaran untuk mengurangi defisit fiskal. Spanyol dan Siprus ikut mengajukan permohonan dana bantuan eksternal pada tahun ini.

Perusahaan maskapai asal Spanyol, Iberia, menghadapi pemogokan selama sepekan karena serikat kerja memprotes pengurangan jumlah karyawan yang dituntut oleh induk usahanya, International Consolidated Airlines Group SA. (arh)

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Ahmad Puja Rahman Altiar

Editor : Annisa Lestari Ciptaningtyas

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top