Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SINERGI: Askrindo tanggung penjaminan kredit Bank Mega Syariah

News Editor
News Editor - Bisnis.com 27 November 2012  |  18:11 WIB
JAKARTA--PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero) menyepakati pertanggungan penjaminan pembiayaan kredit kendaraan bermotor oleh PT Bank Mega Syariah sebesar 64% dari nilai kredit.
 
Pertanggungan secara otomatis dilakukan terhadap pembiayaan joint financing kendaraan bermotor dengan plafon pembiayaan hingga Rp 300 juta untuk tiap nasabah. 
 
Direktur Utama Bank Mega Syariah Beny Witjaksono mengatakan, target pembiayaan yang diasuransikan hingga akhir 2013 sebesar Rp 1,5 triliun atau sekitar Rp 100 miliar-Rp 200 miliar perbulan.
 
"Terserah nanti berapa yang diterima Askrindo dari nilai penjaminan yang kami ajukan sebesar Rp 1,5 triliun di tahun pertama 2013," ujar Beny. 
 
Direktur utama Askrindo Antonius Chandra S. Napitupulu mengatakan, kerja sama penjaminan kredit ini merupakan salah satu bentuk kemitraan yang telah dijalanan perseroan dengan industri perbankan, yang diharapkan mampu mendorong pertumbuhan Askrindo secara keseluruhan yang ditargetkan tumbuh 30% pada 2013.
 
Saat ini, porsi bisnis Askrindo di luar pgrogram Kredit Usaha Rakyat (KUR) dibagi hampir merata antara bisnis surety ship sebesar 55% dan penjaminan kredit sebesar 45%.
 
Di sektor penjaminan kredit, Askrindo telah bekerja sama dengan sejumlah bank yang menyalurkan kredit pembiayaan. Pada 2012, Askrindo menandatangani perjanjian kerja sama dengan Bank Bukopin, Bank Kalteng, Bank Kaltim, Bank DKI, Bank Jatim, Bank BJB, Bank Sumbar dan Bank Agro. 
 
Hingga periode 31 Oktober 2012, Askrindo membukukan laba sebesar Rp 210.922 miliar, meningkat  dari laba periode yang sama tahun lalu senilai Rp 96,365 miliar. 
 
"Perolehan laba ini masih di bawah target prognosis yang ditetapkan sebesar Rp 225 miliar, meski kami yakin bakal tercapai," ujarnya.
 
Meningkatnya pendapatan disumbang oleh peningkatan volume bisnis penjaminan yang terutama ditopang oleh penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR).
 
(Faa)
Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Farodlilah Muqoddam

Editor : Dara Aziliya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top